Novena Roh Kudus

Apa itu Novena Roh Kudus ? Novena  berasal dari bahasa Latin “novem” yang berarti sembilan. Umat Katolik mengadakan Novena Roh Kudus selama sembilan hari setelah Hari Raya Kenaikan Tuhan sampai dengan Sabtu menjelang PentakostaNovena Roh Kudus  ini merupakan persiapan batin dalam sebuah doa untuk mendapatkan karunia-karunia Roh Kudus yang dijanjikan Tuhan pada hari Pentakosta. Roh Kudus tetap sama dengan yang kita terima pada saat pembaptisan, tetapi dorongan-Nya bisa lebih menggetarkan dan karunia-karunia-Nya dapat terasa baru.

Novena Roh didasarkan pada periode sembilan hari yang dilakukan oleh para rasul. Pada peristiwa kenaikan Tuhan Yesus ke surga, Ia memberikan Perutusan Agung kepada para rasul dan meminta mereka untuk menantikan kedatangan Roh Kudus. Sejak saat itu mereka bersama Bunda Maria bertekun sehati dalam doa menunggu tercurahnya Roh Penghibur :“Mereka semuanya bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus (Kisah Para Rasul 1:14).

Tujuan Novena Roh Kudus : mohon kekudusan sehingga membuat Roh Kudus yang telah kita terima dalam Sakramen Baptis lebih diaktifkan dalam Minggu Pentakosta sehingga kita dapat menjadi saksi akan Cinta Allah. Allah telah mencurahkan cinta-Nya kepada kita sehingga kita mampu mencintai. Dalam Minggu Pentakosta, kita mohon Roh Kudus memberi kekuatan dan semangat baru untuk menjadi Saksi Cinta Kristus dalam segala tindakan, perkataan, dan pekerjaan. Karunia Roh Kudus yang terutama dalam Pentakosta : kemampuan untuk mencintai dengan hati yang tulus. Karunia Roh Kudus yang lainnya seperti karunia penyembuhan dan berbahasa lidah merupakan karunia-karunia yang mendukung karunia cinta. Doa dalam Pentakosta  : “Datanglah Roh Maha Kudus, Penuhi Hati umat-Mu, Siramilah hati yang beku… untuk bisa selalu mencintaiMu”.

Tema-tema dan doa yang dapat kita hidupi selama sembilan hari Novena Roh Kudus :

1.      Hari Pertama

Tema : Mohon Roh Kudus menjaga kehidupan baru yang kita terima dalam pembaptisan.

Doanya : Allah Bapa, Engkau telah membangkitkan Kristus dari kematian dan kini duduk di sisi kanan-Mu. Karena kebangkitan Putera-Mu, kami lahir baru dalam pembaptisan. Kami mohon turunkanlah Roh-Mu untuk menjaga kesucian kami dari kecemaran dosa sampai pada kedatangan-Nya kembali karena Dialah Tuhan dan Pengantara kami kini dan sepanjang masa. Amin.

2.      Hari Kedua

Tema : Mohon anugerah karunia Roh Kudus.

Doanya : Allah yang mahabijaksana, Putera-Mu telah menjajikan Roh Kudus kepada para rasul dan memenuhinya setelah kenaikan-Nya ke surga. Semoga kami pun Engkau anugerahi karunia Roh Kudus itu. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.  Amin.

3.      Hari Ketiga

Tema : Mohon Penyertaan Tuhan Yesus.

Doanya :  Allah, Penyelamat kami. Kami percaya bahwa Kristus telah bersatu dengan Dikau dalam keagungan. Semoga dalam Roh-Nya, Dia selalu menyertai kami  sampai akhir jaman sebab Dialah Tuhan dan Pengantara kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

4.      Hari Keempat

Tema :  Mohon Kepatuhan kepada Kehendak Tuhan.

Doanya : Allah yang mahakudus, semoga kekuatan Roh-Mu membuat kami dapat mematuhi dan melaksanakannya kehendak-Mu dengan setia. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

5.      Hari Kelima

Tema : Mohon Menjadi Kenisah Kemuliaan Tuhan.

Doanya : Allah yang mahakudus, semoga Roh Kudus berdiam di dalam diri kami sehingga kami dapat menjadi  kenisah kemuliaan-Mu. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

6.      Hari Keenam

Tema : Mohon dapat Mengabdi kepada Allah dengan Penuh  Kerelaan dan Cinta.

Doanya : Allah yang mahakuasa, Engkau telah menghimpun Gereja dalam Roh Kudus. Semoga kami  dapat mengabdiMu dengan ikhlas dan bersatu dalam cinta. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.  Amin.

7.      Hari Ketujuh

Tema : Mohon dapat menjadi Milik Allah yang Pantas.

Doanya : Allah yang mahakudus, curahkanlah Roh Kudus-Mu  ke dalam hati kami sehingga kami dapat melaksanakan kehendak-Mu dan layak menjadi milik-Mu. Demi Yesus Kristus, Tuhan  dan Pengantara kami. Amin.

8.      Hari Kedelapan

Tema :   Mohon Semakin Bertambah dalam Iman dan Cinta Bakti.

Doanya : Allah sumber cahaya kekal, Engkau telah membukakan jalan menuju kehidupan kekal bagi kami dengan membangkitkan Putera-Mu dan mengutus Roh Kudus untuk membimbing  jalan kami. Semoga kami selalu bertambah dalam iman dan cinta bakti kami kepadaMu. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

9.      Hari Kesembilan

Tema : Mohon Dapat Mewujudkan Kehidupan Baru secara Nyata dalam Kehidupan Sehari-hari.

Doanya : Allah yang mahakuasa, kebangkitan Putera-Mu telah melahirkan kehidupan baru dalam diri kami. Semoga Roh-Mu membantu kami mewujudkan rahmat kelahiran baru dalam kehidupan kami  sehari-hari. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

Tema-tema lain, seperti Tahun  Ekaristi, dapat dijabarkan dalam Novena Roh Kudus, tetapi sebaiknya mengacu pada tema-tema ini. Jangan sampai kita jatuh seperti Pendalaman Iman di lingkungan lagi he… he…he… Ketika kita melaksanakan Novena ini, kita pasti mengalami damai sejahtera di mana saja kita berada : “Damai Sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu” (Yohanes 14:27).  Damai itu adalah sukacita berkat Roh Kudus yang bersemayam dalam hati. Selamat Bernovena Roh Kudus. Tuhan memberkati.

About Eric Wagolebo 151 Articles
PAROKI CITRA RAYA CIKUPA - TANGERANG Jalan Citra Raya Utama Timur 15710