Menumbuhkan Rasa Persaudaraan

(Oleh : PSE St.Odilia – Citra Raya)

Kata “Saudara” sering kita dengar setiap hari. Tetapi apakah kita tahu artinya dan memahaminya, ataukah hanya sepintas lalu saja. Kata “Saudara” selalu diikuti oleh kata lain, seperti saudara kandung, saudara sepupu, saudara seiman, atau orang sering menyebut kita adalah saudara. Menghargai dan memperlakukan orang seperti kita memperlakukan diri kita sendiri itulah yang diharapkan kita menyebut orang itu sebagai “SAUDARA”.

Pada hari Rabu Abu kita telah menerima pamlet “ COIN Rp 500,-SURGA “. Angka Rp 500,- sebetulnya tidak menjadi patokan, tapi bagaimana angka itu membuat kita tergerak hati kita untuk menyisihkan uang coin dari kembalian belanja, baik di pasar atau supermarket untuk saudara kita yang lebih membutuhkan. Uang kembalian ada yang Rp100.- Rp200,- Rp 500,- Rp1000,- semestinya dipergunakan untuk mereka yang lebih membutuhkan, karena sebagian dari kita memandang sebelah mata uang recehan tersebut.

COIN SURGA, bukan sebagai pengganti kotak APP tetapi sebagai tindak lanjut dari Aksi Nyata Paskah kita sepanjang tahun. Untuk pelaksanaannya diserahkan ke ketua Lingkungan masing masing, apakah mau memakai celengan atau kotak seperti kotak APP.

Penggunaan coin ini tentunya untuk lingkungan juga (dari lingkungan, oleh lingkungan dan untuk lingkungan juga).  Sifatnya sosial dan bukan digunakan  rekreasi, ziarah atau pengganti transport ke gereja bagi yang jauh dari gereja atau yang lainnya.

Dari 38 lingkungan yang berada di teritorial paroki St. Odilia, sudah ada beberapa lingkungan yang berjalan dari beberapa tahun yang lalu seperti “saweran 1000/hari” atau kotak komitment. Hal itu sangat bagus dan tinggal meneruskan dan meningkatkan saja.

Coin surga ini tidak terbatas pada lingkungan, tetapi kelompok kategorial seperti Legio Mariae, OMK, WK, PDKK, Lansia, bahkan Anggota Dewan Paroki dan para seksinya diharapkan berpartisipasi demi terwujudnya aksi nyatanya ini.

Bila kita bisa menekuni yang kecil-kecil, maka pada saatnya kita dipercayakan untuk menangani yang besa dan mulia. Selamat berbagi dan berbelarasa.

Semoga Tuhan Memberkati…!

About Eric Wagolebo 153 Articles
PAROKI CITRA RAYA CIKUPA - TANGERANG Jalan Citra Raya Utama Timur 15710