Mgr. Ignatius Suharyo: Indonesia Mujizat Tuhan

Matakatolik.com-Uskup Keuskupan TNI/Polri (Ordinariatus Castrensis Indonesia) yang juga merupakan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Ignatius Suharyo mengatakan Indonesia adalah mujizat Tuhan.

Hal itu dikatakan Mgr. Suharyo dalam khotbahnya pada perayaan Paskah bersama umat Katolik TNI/Polri Cartap I Jakarta, yang berlangsung di Gereja St. Valentino Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa, (18/4/2017)

“Saya mau mengatakan satu hal, saya yakin bahwa Indonesia ini adalah mujizat Tuhan. Bukan sekali jadi tapi mujizat Tuhan dalam sejarah bangsa kita dengan tonggak-tonggak yang sangat jelas. Kita mesti berterima kasih karena Indonesia adalah mujizat Tuhan,” kata Mgr. Suharyo.

Peristiwa Paskah, lanjutnya, mesti menjadi berarti dan relevan pada tahun 2017 ini. Selain pesan Paskah harus berarti bagi keluarga, juga mesti bermanfaat bagi bangsa kita.

“Apa pun relevansinya, silahkan kita menghubungkan dengan komunitas dan keluarga kita masing-masing. Saya ingin menawarkan satu pemikran. Saya rasa yakin bahwa relevansi Paskah tidak terbatas pada pribadi kita masing-masing, tapi Paskah mesti berarti dan bermakna bagi bangsa kita,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mgr. Suharyo, mengatakan masyarakat dan umat Katolik mesti pro-aktif menjaga bangsa Indonesia sebagai ungkapan terima kasih kepada Tuhan.

“Maka Paskah khususnya pada tahun 2017 ini adalah pesan agar kita sebagai umat Katolik, sebagai apa pun kita mesti merawat mujizat Tuhan yang namanya Indonesia itu,” tegas Mgr. Suharyo.

Untuk merawat Indonesia, Keuskupan Agung Jakarta sendiri sejak tahun 2016 telah membuat semboyan ‘Amalkan Pancasila’ yang esensinya sangat jelas yakni untuk menjaga NKRI dan merawat Indonesia sebagai mujizat Tuhan.

Dalam perayaan ini, Mgr. Suharyo yang juga adalah Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) tampil sebagai Konselebran utama, yang didampingi Romo Rofinus Neto Wuli, Pr (Pastor Bantuan Militer TNI dan Polri).

Kemudian Romo Heribertus Warnoto, Pr (Pastor Lingkungan Pusbintal Mabes TNI dan Pastor Paroki Keluarga Kudus Pasar Minggu), Romo Albertus Hendaryono, Pr ( Pastor di Lingkungan TNI AL dan Pastor Paroki Bonaventura Pulomas), serta Romo Bernardus Hari Susanto, Pr (Pastor di Lingkungan TNI AU dan Pastor St. Agustinus Lanud Halim Perdanakusuma).

Turut hadir pada kesempatan ini, Dirjen Bimas Katolik Kementrian Agama Republik Indonesia, Eusabius Binsasi, serta anggota TNI/Polri beragama Katolik.

Hadir pula beberapa pengurus Dewan Pimpinan Nasional lembaga Vox Point Indonesia, seperti Ketua Umum Vox Point Indonesia, Yohanes Handoyo Budhisedjati, Wakil Ketua Umum Vox Point Indonesia, Susan Binsasi Sarumaha, dan Bendahara Vox Point Indonesia Yacobus Bouk. Hadir juga salah satu Dewan Penasehat Vox Point Indonesia Mayjen TNI (P) Tono Suratman serta salah satu Dewan Pakar Vox Point Indonesia Jacob Djoko Sarosa.

ERT-Matakatolik

About Eric Wagolebo 142 Articles
PAROKI CITRA RAYA CIKUPA - TANGERANG Jalan Citra Raya Utama Timur 15710