TIPS: Berdoa Lima Jari ala Paus Fransiskus

Berdoa adalah salah satu kewajiban bagi umat Katolik di mana pun berada. Dengan berdoa, manusia membangun interaksi dengan Tuhan.

Paus Fransiskus dalam sebuah kesempatan mengajarkan tentang tips berdoa menggunakan lima jari. Tips ini terbilang sederhana dan membantu setiap umat Katolik untuk berdoa secara spontan.

 

Berikut penjelasan doa lima jari dari Paus Fransiskus:

  1. Untuk semua orang yang kita cintai (ibu jari)

Mulailah berdoa dengan menyebut orang-orang terdekat dengan kamu. Orang-orang yang kamu cintai dan sayangi, baik itu keluarga, pasangan, maupun sahabat. Mereka adalah orang-orang yang mudah kamu ingat. Bawah mereka dalam doamu dan berdoalah bagi kebaikan mereka.

  1. Untuk mereka yang mengajarkanmu (jari telunjuk) 

Berdoalah bagi mereka yang mengajarkanmu, atau yang menolongmu saat kamu sakit. Berdoa bagi mereka agar mereka selalu bisa menjalankan tugas dan kewajiban mereka bagi orang lain. Doa ini secara khusus kepada mereka yang bekerja sebagai pelayan masyarakat seperti guru, dokter, perawat, bidan, dll.

  1. Untuk pemerintah dan negara (jari tengah)

Ini adalah jari paling tinggi, yang mengingatkan kita tentang  pemimpin kita, baik presiden, gubernur, walikota/bupati, camat hingga kepala desa/lurah dan pengurus RT/RW. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kewenangan dalam mengambil kebijakan. Kita berdoa bagi mereka untuk tetap bijak dalam memimpin dan bisa mengeluarkan kebijakan yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

  1. Untuk mereka yang sakit dan lemah (jari manis)

Ini adalah jari yang paling lemah, yang mengingatkan kita untuk berdoa bagi mereka yang lemah, sakit, tertindas dan menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup. Semoga Tuhan memberikan kemudahan, kesembuhan dan jalan keluar bagi masalah mereka.

  1. Untuk diri sendiri (jari kelingking)

Jari paling kecil ini harus mengingatkan untuk berdoa bagi dirimu  sendiri, tentang apa yang kamu butuhkan, impianmu. Berdoalah bagi dirimu sendiri setelah kamu berdoa bagi empat kelopok di atas. Doa dengan cara ini memberikan kita banya waktu untuk berdoa bagi semua orang demi tujuan hidup yang lebih baik.

Sumber: https://amorpost.com/tips-berdoa-lima-jari-ala-paus-fransiskus-bagaimana-caranya/

About Eric Wagolebo 142 Articles
PAROKI CITRA RAYA CIKUPA - TANGERANG Jalan Citra Raya Utama Timur 15710