Temukan Identitas Kaum Muda dalam EKM Perdana OMK Santa Odilia

OMK Santa Odilia sukses menyelenggarakan acara Ekaristi Kaum Muda (EKM) yang pertama kali diadakan tahun ini, pada Sabtu (21/04/2018) di halaman belakang Gereja Santa Odilia Paroki Citra Raya dengan tema “TEMUKAN IDENTITAS KAUM MUDA”. Banyaknya anak muda yang jarang ke Gereja menjadi alasan Sie. Kepemudaan Santa Odilia berani mengadakan EKM pertama ini. Timur Putri selaku ketua panitia mengatakan bahwa acara ini dapat mengumpulkan anak-anak muda Santa Odilia dan mengajak kaum muda untuk turut ambil dalam pelayanan. “Ya, apapun kategorialnya kalau dia berumur 15-35 tahun dan belum menikah, dia tetap OMK”, imbuhnya.

Selama ini keprihatinan bagi Gereja bahwa ada banyak sekali talenta yang dimiliki oleh kaum muda. Namun perkembangan media seringkali ‘meninabobokan’ kaum muda dan semakin jauh dari Gereja. Di sisi lain ada kaum muda yang menunjukkan talenta mereka di acara Gereja. Banyak pertanyaan untuk kaum muda seperti ‘Bisakah kaum muda menemukan dirinya dalam Gereja? Siapkah kaum muda menjadi penerus Gereja dan memajukan Gereja dalam kehidupan?’  itu menjadi alasan EKM ini memilih tema “TEMUKAN IDENTITAS KAUM MUDA”. Acara EKM ini menarik 100 anak muda untuk datang. Sie. Kepemudaan berencana untuk mengadakan EKM di Paroki Citra Raya secara rutin, kurang lebih 2-3 atau 3-4 kali dalam setahun agar kaum muda lebih berperan aktif dalam kegiatan gereja.

Dana yang dikeluarkan untuk mengadakan acara ini sekitar Rp 2.000.000,00 dan berasal dari gereja. Kurangnya kaum muda untuk bekerja sama mencari dana untuk acara OMK menjadi alasan panitia meminta dana dari gereja. Putri juga menambahkan, “Memang ada niatan untuk mencari dana sendiri, namun terkadang mood masing-masing orang berbeda dan hanya beberapa yang peduli membantu mencari dana acara ini”.

Semoga dengan adanya acara EKM pertama ini, kaum muda di Gereja Santa Odilia semakin berperan aktif dalam pelayanan di Gereja. Dan semoga untuk acara EKM selanjutnya  banyak kaum muda yang mau terlibat sehingga mereka (kaum muda) semakin mengenal teman-teman OMK di wilayah Citra, Tigaraksa, Solear, dan Balaraja. Kegiatan ini juga bisa mempererat hubungan anak-anak muda untuk bekerja sama membangun Gereja menjadi lebih baik di masa depan.

( oleh : Ruth )

SUSUNAN PANITIA

Penanggung jawab : Felicitas Alfinur F.

Ketua : Timur Putri Kinanti

Sekretaris : Agustinus Setianto, Klara Merryeta Sandra

Bendahara : Artika Mahardika

Sie. Acara : Almatia Nuri, Andreas Bobi, Marcellina Endah, Naomi Claudia

Sie. Konsumsi : Yuliana Elisabeth, Evy Wulandari, Anastasia Ria Utami

Sie. Dekorasi : Antonius Seno, Stefanus Yudi, Oganilamosa, Dwi Lestari

Sie. Perlengkapan : Leonardo Rico, Damas Haryanto

Sie. Dokumentasi : Yohana Ruth, Gregorius Riky

Petugas koor dari OMK Damian wilayah Tigaraksa.
Anak-anak STPI bersama Romo Asran yang hadir dalam acara EKM.