Lomba Design Logo Tema Pastoral-Evangelisasi 2019

KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA

“Amalkan Pancasila: Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat”

LATAR BELAKANG LOMBA

Tahun Pastoral Evangelisasi 2018 “AMALKAN PANCASILA: KITA BHINNEKA, KITA INDONESIA” sebagai arah gerak bersama Gereja Keuskupan Agung Jakarta sepanjang 2018 akan segera berakhir.

Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta tahun 2016-2020 mengamanatkan sebuah gerak kehidupan menggereja “Amalkan Pancasila” sebagai cara mencapai tujuan Gereja yang dicita-citakan oleh Keuskupan Agung Jakarta. Dalam rangka itu setiap tahunnya, KAJ mengangkat tema-tema yang selaras dengan sila-sila Pancasila dalam gerak hidup menggereja.

Satu hal yang menarik dari kelima sila Pancasila adalah sila yang sebelumnya selalu berkaitan atau mendasarkan sila yang berikutnya, sebab kelima sila tersebut tidak bisa dipisahkan. Dari sila pertama kita diajak untuk berpikir bahwa Indonesia bukanlah negara agama tetapi negara yang bertuhan. Berdasarkan kepercayaan pada Tuhan yang Maha Esa itulah kita baru bisa berpijak tentang bagaimana kita bersikap terhadap sesamanya sebagai manusia. Kalau relasi dengan Tuhan dan sesama itu selaras, mulailah kita diajak untuk berpikir tentang persatuan dalam hidup berbangsa. Dalam konteks negara, diperlukan sebuah cara  tentang bagaimana negara itu dijalankan yaitu demokrasi terpimpin yang menekankan musyawarah untuk mencapai sebuah kesepakatan. Setelah semua itu berhasil, terciptalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tahun 2019 yang akan datang, Gereja KAJ mengangkat tema “AMALKAN PANCASILA: KITA BERHIKMAT, BANGSA BERMARTABAT”, yang berangkat dari Sila ke-4 PANCASILA, “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”. Pemaparan historis, filosofis, politik dan sosial tentang sila ke-4 Pancasila dan kenyataannya dalam masyarakat di Indonesia saat ini menjadi titik berangkat yang menjadi perhatian kita bersama.

Gagasan utama dari sila ke-4 Pancasila adalah kerakyatan dan demokrasi. Demokrasi artinya pemerintahan berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.  Rakyat yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan artinya kebijakan diambil melalui proses keputusan/penegasan bersama. Kebijaksanaan mengacu pada kepentingan dan kebaikan bersama. Musyawarah selain dalam pengambilan keputusan sebetulnya sudah menjadi bagian dari budaya dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Untuk itu, Komisi PSE (Pelayanan Sosial Ekonomi) KAJ dan Komisi Komsos (Komunikasi Sosial) KAJ menyelenggarakan LOMBA DESAIN LOGO TAHUN PASTORAL-EVANGELISASI 2019 yang sekaligus akan menjadi LOGO APP (AKSI PUASA PEMBANGUNAN) 2019 dengan tema:

“AMALKAN PANCASILA: KITA BERHIKMAT, BANGSA BERMARTABAT”

Logo hendaknya mencerminkan Semangat Pengamalan Sila ke-4 Pancasila.

 

KETENTUAN UMUM

  1. Lomba ini dimaksudkan untuk menghasilkan desain logo Tahun Pastoral Evangelisasi 2019 sekaligus menjadi logo resmi APP 2019 KAJ yang akan dipergunakan sepanjang tahun 2019 dalam bentuk sticker, poster, dan bentuk-bentuk lainnya sebagai upaya pengumatan atau sosialisasi gerakan ini.
  2. Lomba ini terbuka dan berlaku untuk umum, per-orangan maupun kelompok, yang beragama Kristen Katolik. Melampirkan identitas diri (nama lengkap, alamat rumah, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telp./HP dan asal Paroki) dan fotocopy KTP/SIM/Kartu Pelajar/identitas lainnya.
  3. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 3 (tiga) desain logo
  4. Tidak perlu mendaftar, langsung kirim saja Desain Logo ke alamat kami dan setiap peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.
  5. Semua Desain Logo harus MENCANTUMKAN tulisan tema, merefleksikan spiritualitas, dan semangat: “AMALKAN PANCASILA: KITA BERHIKMAT, BANGSA BERMARTABAT” serta bertolak dari Sila Ke-4 PANCASILA.
  6. Desain Logo wajib disertai lampiran keterangan gambar logo yang memuat latar belakang konsep/filosofi pemikiran rancangan, dan harus mampu menjelaskan secara rinci makna jenis, bentuk, warna, garis dan maksud yang menjadi alasan desain tersebut.
  7. Semua karya/rancangan desain yang dikirim oleh peserta haruslah karya orisinal/asli, belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun dan belum pernah diikut-sertakan dalam lomba mana pun.

KETENTUAN KHUSUS

  1. Desain Logo/Lambang dimuat dalam bentuk gambar yang jelas berupa 1) print-out ukuran minimal A4 atau kertas gambar, dan 2) dalam bentuk softfile dalam sebuah CD. Desain Logo/Lambang masih bisa jelas bila diperkecil sampai dengan ukuran 2 x 2 cm (Ukuran sticker).
  2. Karya/desain dalam bentuk gambar/print-out dan softfile dalam CD dimasukkan dalam amplop tertutup. Dilampirkan keterangan desain dan identitas diri. Tuliskan “LOMBA LOGO TAHUN 2019 / APP 2019” di sudut kiri atas amplop dan dikirim kepada penyelenggara: KOMISI KOMSOS KAJ dengan alamat: Gedung Karya Pastoral KAJ Lt. 3, Jl. Katedral No. 7 Jakarta Pusat 10710, tlp. 021-3519193, selambat- lambatnya tgl. 30 SEPTEMBER 2018. INFO LENGKAP TELP/SMS: 0812.8926.7548 (RAKA) atau email: kaj@gmail.com.
  3. Pengumuman hasil lomba pada bulan OKTOBER 2018, dimuat di website KAJ or.id; Website Majalah HIDUP:www.HIDUPKATOLIK.COM; Media Sosial KAJ dan di warta “INFO GEMBALA BAIK”.
  4. Team Juri hanya akan memilih 1 (satu) Design Logo pemenang yang akan diperguna untuk pelbagai keperluan selama Tahun/APP 2019. Pemenang akan mendapatkan hadiah Rp 3.000.000,00 (Tiga Juta Rupiah).
  5. Hasil rancangan desain yang masuk kategori pemenang menjadi milik Keuskupan Agung Jakarta dan tidak mutlak diterima sebagai hasil final akan tetapi akan diadakan penyempurnaan sesuai penilaian Dewan Juri dan team Logo.
  6. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu-gugat.

Demikianlah ketentuan lomba desain logo Tahun 2019/APP 2019 Keuskupan Agung Jakarta

Hormat kami,

KOMISI PSE KAJ

KOMISI KOMSOS KAJ

 

About Eric Wagolebo 149 Articles
PAROKI CITRA RAYA CIKUPA - TANGERANG Jalan Citra Raya Utama Timur 15710

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*