Yang Membuat Kita Kaya Bukan Barang Tapi Cinta, Kata Paus Fransiskus

Paus Fransiskus di Audiensi Umumnya pada hari Rabu, 7 November 2018 memusatkan perhatian pada Firman Ketujuh: Jangan Mencuri, sebagai topik lanjutan katekese tentang Sepuluh Perintah Allah.

Dalam katekese-nya, Paus Fransiskus mencatat bahwa tidak ada budaya yang tidak mengutuk pencurian dan penyalahgunaan harta benda. Tapi, katanya, penting untuk merefleksikan lebih dalam tentang tema kepemilikan “dalam terang kebijaksanaan Kristen.”

Mengutip Katekismus Gereja Katolik, Paus mengatakan “barang ciptaan ditakdirkan untuk seluruh umat manusia”; dan “tujuan universal barang-barang ini tetap primordial, bahkan jika promosi kebaikan bersama membutuhkan penghormatan terhadap hak milik pribadi dan latihannya.”

“Di dunia di mana ada begitu banyak perbedaan, begitu banyak perbedaan kondisi, Tuhan telah menyediakan sumber daya sedemikian rupa sehingga semua manusia harus saling membantu, untuk memastikan bahwa semua kebutuhan primer dapat dipenuhi. “Jika ada kelaparan di dunia, itu bukan karena kekurangan makanan!” Kata Paus, mengutip Vatican News.

“Apa yang kurang adalah kewirausahaan yang bebas dan jauh-lihat, yang memastikan produksi yang memadai, dan pendekatan berbasis solidaritas yang memastikan distribusi yang adil,” sambungnya.

Arti yang lebih dalam dari Sepulu Perintah Allah

Paus Fransiskus mengatakan Sepuluh Perintah Allah adalah perspektif yang memungkinkan kita untuk memahami makna yang lebih dalam dan lebih lengkap dari perintah “Jangan Mencuri.” Kepemilikan, katanya, adalah tanggung jawab; kita hanya dapat benar-benar memiliki “apa yang kita tahu bagaimana memberi.”

“Jika ada hal-hal yang tidak dapat kita berikan, itu karena benda-benda itu memiliki aku, memiliki kekuatan atas diriku, dan aku adalah budaknya,” ujar Paus Fransiskus.

Teladan Kristus

Di sini, Paus mengatakan, kita dapat sekali lagi melihat teladan Kristus Sendiri, yang, meskipun Dia adalah Tuhan, tidak menghitung kesetaraan-Nya dengan sesuatu yang harus digenggam, tetapi mengosongkan diri-Nya sendiri; dan Dia telah memperkaya kita dengan kemiskinan-Nya.

Dia menegaskan. sementara umat manusia terus berjuang untuk lebih, Tuhan menebus umat manusia dengan menjadi miskin. Apa yang membuat kita benar-benar kaya, Paus Francis mengatakan, bukan barang, tapi cinta.

Bapa Suci menyimpulkan katekese-Nya dengan refleksi bahwa “sekali lagi Yesus Kristus menyatakan kepada kita makna penuh dari Kitab Suci.

“Anda tidak boleh mencuri’ berarti suka dengan barang-barang Anda, dapatkan keuntungan dengan cara Anda untuk mencintai sebanyak yang Anda bisa. Maka hidupmu akan menjadi baik dan kepemilikan akan benar-benar menjadi hadiah. Karena hidup bukanlah waktu untuk memiliki tetapi untuk memberi,” tutup Paus Fransiskus.

Leave a Reply

Scroll to Top