Togetherness in Diversity – Ekaristi Kaum Muda, Gereja St. Odilia – Paroki Citra Raya.

Oleh : Sutopo Yuwono

Ada yang lain pada perayaan Ekaristi sore itu, sabtu 27 oktober 2018 di Gereja St. Odilia Paroki Citra Raya. Seusai lagu pembukaan, Romo mengajak umat untuk mendengarkan fragmen singkat yang dibawakan oleh kawan-kawan OMK wilayah Balaraja. Fragment tersebut berkisah tentang seorang anak muda yang terancam didrop out dari kampus lantaran tidak bisa membayar uang kuliah. Menariknya, kawan-kawan mereka sesama mahasiswa berupaya dengan berbagai cara agar kawan tersebut tidak jadi didrop out dari kampus. Akhirnya mereka memutuskan untuk mengamen guna mendapatkan uang untuk membayar biaya kuliah salah seorang kawan tersebut.

Ditengah Homili, Romo Asran sedikit mengupas tentang maksud dari fragmen tersebut, yaitu tentang perlunya berbela rasa, yang dewasa ini dirasa mulai luntur di tengah masyarakat kita.

Fragment singkat tersebut diperagakan dalam rangka mengisi rangkaian acara Ekaristi Kaum Muda (EKM) yang dimotori oleh kawan-kawan OMK St. Odilia. Sebenarnya sore itu bukan pertama kalinya EKM diselenggarakan, sudah ada 2 kali penyelenggaraan sebelumnya. Rencananya, EKM ini akan diadakan setiap 4 bulan sekali dengan melibatkan sebanyak mungkin OMK dari masing-masing wilayah dan kategorial di Paroki Citra Raya.

Kepanitiaan EKM tersebut juga melibatkan OMK dari beberapa wilayah dan kategorial secara bergantian. Petugas pada Sore itu diantaranya, Koor oleh OMK Wilayah Citra 3, Fragment singkat oleh wilayah Balaraja, Tata laksana oleh citra 1, Seksi acara oleh KKMK. Kepanitiaan inti sendiri dipegang oleh kawan-kawan dari seksi kepemudaan, yang diketuai oleh sdr. Putri, salah seorang OMK dari wilayah Balaraja.

Sapaan ceria MC, memperakrab suasana

Acara tidak berakhir sampai Perayaan Ekaristi selesai, setelahnya masih ada malam keakraban dan Pentas seni dari beberapa kawan OMK Tiga Raksa, Citra 3 dan KKMK. Sekitar pukul 20 : 00 waktu setempat, saudari Tika dan Alfi dengan suara lantang, humoris dan ceria mulai menyapa kawan-kawan OMK yang hadir. Berasa sekali suasana akrab malam itu, tali rasa antara MC dan peserta tersambung dengan begitu hangat dan akrab, begitu juga diantara sesama kawan OMK yang hadir.

Istimewa sekali, malam itu kawan – kawan OMK St. Odilia kehadiran tamu dari kawan-kawan OMK St. Laurensia Alam Sutera dan juga dari Komisi Kepemudaan dekanat tangerang. Sapaan lantang dan cethar membahana dari bung silvester selaku wakil dari komisi kepemudaan dekanat Tangerang disambut dengan tak kalah lantangnya oleh kawan-kawan OMK St. Odilia. Pada kesempatan tersebut, kawan dari St. Laurensia juga memperkenalkan kegiatan yang akan diadakan oleh mereka, dan juga turut mengajak kawan-kawan OMK St. Odilia untuk turut dalam kegiatan tersebut. Duh, indah sekali punya banyak kawan-kawan sesama OMK lintas Paroki. Semoga keakraban ini bukan sebatas pada saat acara, tapi terjalin lebih erat lagi melalui aktivitas-aktivitas yang lain.

Pada kesempatan malam itu, Romo Asran yang merupakan Bapaknya anak-anak OMK turut memberikan sambutan yang hangat. Romo berkata bahwa perayaan EKM selanjutnya tidak diadakan di Gereja bersama umat lainnya, tapi diadakan tersendiri di Aula Lt. 3 gedung Damian. Pada saat itu juga Romo menunjuk petugas – petugas EKM selanjutnya dari masing-masing wilayah dan kategorial, diantaranya pentas panggung akan diisi oleh OMK tiga raksa dan Balaraja, Koor oleh KKMK, liturgi dari Citra 1, fragmentasi oleh Citra 3, tata laksana oleh Solear. Sesuai dengan Tema EKM malam itu, yaitu ”Togetherness In Diversity (Kebersamaan dalam Keberagaman), yang juga bertepatan dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda, semua     OMK dari masing-masing wilayah dan kategorial dengan talenta dan peran yang berbeda-beda dapat bersinergi, bersatu padu dalam mensukseskan acara EKM, acara kita bersama sesama orang muda Katolik. Harapanya, semua OMK dapat lebih bersatu hati , saling bahu membahu dalam berbagai hal, dan juga turut terlibat dalam palayanan di Gereja kita tercinta, Gereja St. Odilia Paroki Citra Raya.

Perform kawan – kawan OMK Tiga Raksa

Tak hanya sampai di situ, acara dilanjut dengan perform acoustic dan suara merdu dari kawan-kawan OMK tiga raksa dan Citra 3, juga dihibur dengan teater oleh kawan-kawan KKMK dan dipungkasi dengan pembagian hadiah lomba Futsal yang diadakan beberapa waktu sebelumnya. Upss, tunggu, rasanya belum lengkap kalau belum operasi semut dan foto bersama.

Sampai ketemu di EKM selanjutnya gaes, tunggu tanggalnya di April 2019.

Tuhan Memberkati.