Kekuatan panggilan, wawancara dengan Paus Fransiskus yang panjangnya seperti buku

Buku baru Paus Fransiskus berjudul “Kekuatan panggilan. Hidup bakti jaman ini” akan keluar tanggal 3 Desember 2018. Buku sepanjang 120 halaman, yang telah diterjemahkan ke dalam 10 bahasa, menceritakan percakapan selama empat jam yang diadakan di Santa Marta bulan Agustus antara Bapa Suci dan Misionaris Spanyol Fernando Prado.

Di antara banyak tema yang disinggung dalam dialog, yang menggunakan contoh-contoh dari kehidupan dan pengalamannya sendiri, Paus Fransiskus terutama mengangkat tema panggilan dan misi kaum hidup bakti, dengan mempertimbangkan kesulitan-kesulitan yang sedang dihadapi Gereja di zaman sekarang.

Paus menolak untuk dikirim pertanyaan-pertanyaan sebelum wawancara itu, agar dia boleh melakukan dialog terbuka dan jujur, bahkan berkaitan dengan beberapa topik yang lebih sulit.

Mengenai motivasi dan kepositifan, Paus Fransiskus membantu kita menghargai hal-hal kecil, belajar dari orang lain dan bekerja bersama sambil mengikuti dan menerima pesan Gereja.

Dialog dibagi menjadi tiga bab yakni Amatilah masa lalu dengan rasa syukur, Jalanilah masa kini dengan penuh gairah, dan Terimalah masa depan dengan harapan.

Kenyataannya, yang pertama dalam bab-bab ini, Paus mendorong kita untuk melihat kembali ke masa lalu dengan rasa syukur, tetapi tidak seperti memandang sebuah objek di museum, tetapi dengan mata seseorang yang mencari akar inspirasi.(PEN@ Katolik/berdasarkan laporan Francesca Merlo dari Vatican News)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*