Ngopi Bareng “lingkungan Sto. Lukas” Minggu, 24 November 2019

Sudah hampir 1 tahun kegiatan routin “ Ngopi Bareng” dilakukan di Lingkungan Sto. Lukas – Serdang Asri 1 dan 3. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi Bapak-bapak ( sebagai Kepala Keluarga ) semua warga di lingkungan Santo Lukas.

Diadakan normalnya di awal bulan, yang jatuh di hari Sabtu / Minggu, sehubungan dengan adanya aktifitas Bulan Rosario, Pesta Nama dan Latihan Koor, maka untuk bulan November ini baru sempat diadakan di tanggal 24 November 2019, di kediaman Keluarga Bapak Eko di Serdang Asri 3.

Aktifitas ini diawali dengan Doa Pembukaan, kemudian penarikan iuran Rp. 20.000,-/ Orang.

Dana ini nantinya Rp.10.000,- untuk pengganti uang ngopi / jamuan dari tuan rumah dan Rp.10.000,- untuk uang Kas Lingkungan.

Hal-hal yang dibicarakan adalah penyampaian segala informasi baik yang berhubungan dengan aktifitas lingkungan Sto. Lukas, sosialisasi bila ada program baru di gereja / Paroki, shearing dari semua Bapak-bapak yang hadir dan tidak ketinggalan dengan kegiatan kemasyarakatan lain diluar aktifitas kegerejaan misalnya perkembangan hubungan antar warga dan sosial keagamaan ( misalnya program makam bersama bagi warga non muslim ), atau aktifitas kemasyarakatan lainnya yang bisa kami bantu dalam kapasitas kami sebagai salah satu ormas/ komponen anggota masyarakat yaitu perwakilan umat Katholik ( walaupun dalam skala Lingkungan ).

Ada yang istimewa di pertemuan kali ini, yaitu Deklarasi / Komitment untuk menghilangkan pemakaian / konsumsi air mineral kemasan yang menggunakan gelas/botol plastik sekali pakai, dengan maksud ikut aktif dalam menggalakkan sadar lingkungan.

Oleh sebab itu, mulai malam itu, kami sepakat bilamana ada pertemuan di lingkungan Sto. Lukas “ Diwajibkan setiap peserta membawa tempat air minum/ Tumbler, sementara tuan rumah hanya menyediakan air mineral dalam gallon/ isi ulang / dispenser saja.

Semoga gerakan yang sudah lama ini dilakukan di tingkat Paroki dan KAJ dapat kami implementasikan juga secara konsisten dan tanggung jawab, bukan sekedar tekad dan semboyan semata.

Selanjutnya kita tunggu ide-ide dari semua warga dalam berperan aktif : ikut serta dan melaksanakan dalam menjalankan kesadaran dan tanggung jawab akan lingkungan kita, bumi beserta isinya.

“Selamat menyambut masa Adven 2019 dan tahun baru liturgi 2020 dengan tema “ Amalkan Pancasila, Kita Adil Bangsa Sejahtera”

( Alsprant )

Komitment menggunakan Air MIneral Gallon, menghindari pemakaian kemasan air minum mineral dalam gelas/botol plastik sekali pakai.

1 Comment

  1. Mantap, semoga kita semua dapat menjalankan program ini dimana pun berada

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*