Misionaris Picpus, Congregatio Sacrorum Cordium Jesu et Mariae Necnon Adorationis Perpetuae Ss. Sacramenti Altaris ( SS.CC )

ssccSejarah :

Kongregasi ini didirikan oleh Pastor Pierre Coudrin dan Suster Henriette Aymer pada tgl. 24 Desember 1800, tepat pada malam Natal di Kapel Hautes Treilles, Perancis (kemudian disebut dengan “ Grand Maison”).  Kongregasi SS.CC terus berkembang dan pada tgl 10 Januari 1817, Paus Pius VII meresmikannya dalam “Bulla Pator Aeternus” tertanggal 17 November 1817, menyusul Pastor Coudrin sebagai Pastor Jenderal pertama menyelenggarakan Kapitel Pertama. Dengan Kapitel tersebut, melangkahlah SS.CC ke dunia yang lebih luas

Karya di Keuskupan Agung Jakarta

SS.CC mulai berkarya di Indonesia muali tahun 1924 di Keuskupan Pangkal Pinang, Keuskupan Bandung dan Keuskupan Agung Jakarta. Tahun 2001 SS.CC Indonesia menjadi provinsi sendiri, sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Belanda. Untuk cabang suster, masuk ke Indonesia berkarya di Keuskupan Bandung mulai tahun 1994. Pada Juli 1995, atas undangan Uskup, Tarekat Hati Kudus YESUS dan MARIA mengutus seorang imamnya yakni pastor Thomas Sukotriraharjo SS.CC untuk berkarya di Katedral Jakarta. Pada tahun 1998 ~ 1999, tarekat mengirim 2 konfrater untuk berkarya di CIVITA Youth Camp, tempat retret orang muda.

Spiritualitas :

Cinta dan Bakti kepada Hati YESUS yang Maha Kudus dan Hati Maria yang tersuci. Sebagai perwujudan spritualitas tersebut, hidup dan karya dibagi dalam 4 fase hidup YESUS yakni :

  • masa kanak-kanak YESUS è diwujudkan melalui pendidikan anak-anak terlantar,
  • masa hidup tersembunyi YESUS di Nazareth è diwujudkan melalui kontemplasi dan sembah sujud di depan Sakramen Maha Kudus setiap hari ,
  • masa karya YESUS è diwujudkan melalui karya kerasulan aktif dimana saja diutus,
  • masa sengsara YESUS è diwujudkan melalui mati raga dan pengorbanan sukarela.

Jumlah yang berkarya di wilayah Gereja St. Odilia :   3 romo

Visitor Counter

55421
Visit Today : 103
This Month : 2288
This Year : 24704
Total Visit : 55421
Total Hits : 252655