st-joseph-church

Joseph dari Nazareth

  • Perayaan : 1 Mei
  • Lahir : Hidup pada abad pertama
  • Kota asal : Nazareth – Israel
  • Wafat : Nazareth – Israel – Sebab alamiah

St. Yosef adalah seorang santo besar. Ia adalah bapa asuh Yesus dan suami Santa Perawan Maria. Yosef memperoleh hak istimewa untuk merawat Putra Allah sendiri, Yesus, serta BundaNya, Maria. Santo Yosef adalah seorang yang miskin sepanjang hidupnya. Walaupun darah bangsawan yang mengalir dalam tubuhnya dapat ditelusuri sampai dari Raja Daud bapa leluhurnya, namun ia harus bekerja keras dalam bengkel tukang kayunya, untuk menghidupi keluarga kecil yang dipercayakan Allah kepadanya.

Ia amat mengasihi Yesus dan Maria. Kesucian dan kesalehannya terlihat di dalam ketaatannya pada kehendak Allah untuk menerima Maria sebagai istrinya serta mendampingi Maria dalam membesarkan Yesus, Putera Allah yang menjadi manusia. Kesederhanaannya terlihat dalam pekerjaannya sebagai seorang tukang kayu, dan cara hidupnya yang biasa-biasa saja di dalam masyarakat.

Dalam pribadi Yusuf, pekerjaan tangan memperoleh suatu dimensi ilahi. Kerja meningkatkan harkat dan martabat manusia sebagai ciptaan Allah dan memungkinkan manusia turut serta di dalam karya penciptaan dan penyelamatan Allah.

Banyak negara menyisihkan satu hari dalam setahun khusus untuk menghormati para pekerja. Hal tersebut guna meningkatkan martabat dan penghargaan atas kerja. Gereja memberikan kepada kita seorang teladan mengagumkan bagi para pekerja, yaitu St. Yosef.  Karena itu pada tahun 1955,  Paus Pius XII memaklumkan agar pesta St. Yosef Pekerja dirayakan setiap tahun pada tanggal 1 Mei, sekaligus menetapkannya sebagai Hari Buruh. Santo Yoseph selanjutnya ditetapkan sebagai pelindung para karyawan/buruh yang harus bekerja keras setiap hari untuk memenuhi kebutuhannya.

Visitor Counter

55421
Visit Today : 103
This Month : 2288
This Year : 24704
Total Visit : 55421
Total Hits : 252697