Gereja Santo Laurensius

Jadwal Misa

  • Harian : 06.00 WIB (Senin-Jumat)
  • Jumat Pertama : 19.30 WIB
  • Sabtu sore : 17.00, 19.30 WIB
  • Minggu : 06.00, 08.30 (pagi), 17.00, 19.30(sore)

gereja-st-laurensius-alam-sutera

Bible Kids Festival @ Paroki Santo Laurensius, Alam Sutera

Berada di Wilayah Serpong Utara yang sedang berkembang, Paroki Santo Laurensius, Alam Sutera, memiliki profil umat yang didominasi keluarga muda dengan anak-anak yang masih kecil dan menanjak dewasa. Al ini terlihat dari baptisan bayi yang dilakukan setiap dua bulan sekali serta penerimaan Komuni Pertama dan Krisma yang selalu diikuti minimal 400 orang per tahunnya.

Menyadari bahwa generasi muda adalah masa depan Gereja, pada 2014, Paroki Santo Laurensius mengadakan kegiatan bersama Bible Kids Festival (BKF). Kegiatan yang diadakan oleh Seksi Katekese Sub-seksi Bina Iman Anak ( BIA ) Paroki ini diikuti oleh anak-anak usia kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD, diadakan di bulan Juni, saat anak-anak sedang libur sekolah. Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, anak-anak diajak untuk mengenal pribadi Yesus melalui gerak, lagu dan aneka permainan serta sessi-sessi pengajaran. Selain untuk menumbuhkan dan memperdalam iman, anak-anak juga diajak untuk memiliki semangat pelayanan dalam Gereja sejak kecil.

Ide penyelenggaraan Bible Kids Festival ini berawal pada Oktober 2012. Saat itu, para Pembina BIA Santo Laurensius pergi berziarah ke Gua Maria Puh Sarang, Kediri, Jawa Timur. Disana, mereka bertemu dan berkenalan dengan Sunardi, sang penggagas kegiatan semacam BKF dan telah mengadakan kegiatan ini di beberapa paroki di kota Surabaya. Dari pertemuan ini, lalu diputuskan bahwa kegiatan ini menjadi rencana kerja BIA Santo Laurensius yang akan dilaksanakan pada masa liburan sekolah Juni 2013. Namun, karena beberapa alasan teknis, akhirnya kegiatan ini baru dapat terwujud pada Juni 2014, setahun kemudian.

 

Kenangan yang Indah

Tiga hari penuh sukacita dan keceriaan. Hal ini dialami baik oleh peserta maupun panitia. Antusias anak-anak terlihat ketika beberapa dari mereka datang lebih awal di hari kedua, padahal panitia masih bersiap-siap.

Tanggapan positif diberikan oleh anak-anak dan juga beberapa orang tua. Ketika di tanya, semua anak menyatakan ingin ikut lagi acara BKF ini di tahun depan, bahkan ada yang ingin diadakan setiap hari. Mereka merasa senang karena mendapatkan banyak teman baru dan bisa membaca Kitab Suci setiap hari. Beberapa orang tua yang ditanya pun mengaku sangat senang karena anak-anak mereka sukacita dan bisa mengisi liburan dengan kegiatan yang bagus.

Tanggapan senada juga diberikan oleh para OMK yang terlibat mendampingi anak-anak. Salah seorang OMK mengatakan,” Terimakasih atas tiga hari yang indah dalam hidup saya, saya benar-benar senang!” Seorang yang lain berkata,” Memory yang indah ini akan menjadi kenangan yang tidak akan terhapuskan dalam hidup saya.”

(Sumber : Buku Dua Belas Wajah Paroki Dekenat Tangerang – 2016)