Gereja Santo Nikodemus

Jadwal Misa

  • Harian : 05.30 WIB
  • Jumat Pertama : 19.00 WIB
  • Sabtu sore : 17.00 WIB
  • Minggu : 06.00, 08.00 (pagi), 18.00 WIB (sore)

 

Gereja Santo Nikodemus berdiri di kompleks Markas Besar Angkatan Darat, Kompleks (MABAD), Rempoa, Ciputat. Awalnya merupakan Kapel Santo Ignatius Loyola yang diperuntukkan untuk umat Katolik yang berasal dari keluarga Angkatan Darat dan wilayah sekitarnya.

Di komplek MABAD ini semua agama mendapat fasilitas tempat ibadah dari TNI Angkatan Darat (AD). Maka, tidaklah mengherankan, posisi gedung geraja,dan masjid dapat berdekatan.

Pihak Gereja tetap menjalin tali silaturahmi dengan pihak militer terutama saat perayaan Idul Fitri. Selain itu, Gereja juga memberi kesempatan kepada anak-anak muda dalam kompleks untuk menjaga parkir saat Ekaristi. Keamanan gereja juga dipercayakan dan dijaga para pemuda di kompleks militer tersebut. Lahan parkir gereja juga kerap dipinjamkan kepada anggota militer ketika mengadakan acara-acara hajatan.

Kebanyakan umat di parokinya adalah anggiota militer yang sudah pensiun. Sementara anak-anak mereka rata-rata sudah berkeluarga dan pindah keluar kompleks. Jumlah Kepala Keluarga (KK) di kompleks militer ini kurang dari 20 KK. Mereka cukup aktif dalam kegiatan-kegiatan lingkungan. Ada yang menjadi ketua lingkungan, warakawuri, ketua seksi PSE, dan bidang keimanan.