Khazanah Gereja

KHAZANAH …???

Apa itu, apa artinya, apa kandungannya ….?

Khazanah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya

  • Barang milik; harta benda; kekayaan; 
  • Kumpulan barang; perbendaharaan:
  • Tempat menyimpan harta benda (kitab-kitab, barang berharga, dsb);

 

Dalam majalah melodi paroki St. Odilia edisi Juli dan selanjutnya, kita akan disuguhkan rubrikasi KHAZANAH yang memuat banyak istilah baik teologi, liturgi, hukum kanonik, moral dsb untuk kita pahami bersama secara benar.

SAKRAMEN berasal dari bahasa latin SACRAMENTUM dari akar kata SACR, SACER: kudus,suci, bidang yang suci, lingkungan orang kudus. Kata Latin SACRARE : menyucikan, menguduskan, mengkhususkan seseorang bagi bidang yang suci atau kudus. SAKRAMEN dalam Gereja Katolik pertama dan terutama menunjuk pada YESUS KRISTUS. Artinya YESUS KRISTUS merupakan induk dan pokok sakramen karena IA adalah wujud nyata Allah. Pada tempat kedua SAKRAMEN menunjuk pada GEREJA. Artinya apa yang tampak dalam Gereja merupakan simbol yang menghadirkan keselamatan Allah yang terlaksana dalam Kristus bagi dunia.

EKARISTI berasal dari bahasa Yunani EUCHARISTIA : puji syukur; kata EUCHARISTIA berasal dari kata kerja EUCHARISTEIN : memuji, mengucap syukur. Maka EKARISTI berarti pujian syukur atas karya penyelamatan Allah yang hadir dan nyata dalam diri Yesus Kristus dan berpuncak pada sengsara, wafat dan kebangkitan-Nya. Dalam Ekaristi kita mengenang dan menghadirkan misteri penebusan Yesus Kristus.

IMMACULATA (Immaculate) berasal dari bahasa Latin, yakni IN = tak; MACULATUS = bernoda. MARIA IMMACULATA artinya Terkandungnya Bunda Maria secara tak bernoda.

MAGISTERIUM = berasal dari kata bahasa Latin yang dapat diartikan sebagai Kuasa Mengajar Gereja yang bermakna ajaran, instruksi atau nasihat yang berhubungan dengan ajaran Gereja. Kewenangan ini diwujudkan dalamepiskopasi, yakni kumpulan semua uskup Gereja, yang dipimpin langsung oleh Uskup Roma (Sri Paus). Sri Paus memiliki kekuasaan di atas uskup lainnya, baik secara pribadi maupun secara institusi. Beliau juga memiliki kekuasaan atas diri setiap umat Katolik secara langsung. Menurut doktrin Katolik, Magisterium dapat mengajarkan atau menginterpretasikan kebenaran-kebenaran Iman Gereja, dan pihak ini melakukannya dengan atau tanpa status infalibilitas.

PAROCHUS = Pastor Kepala Paroki (Pastor Paroki). PAROCHUS bertanggungjawab penuh atas semua karya dalam parokinya, seperti bidang katekese, pastoral, manajemen sehat dsb serta menjalin relasi yang baik dan harmonis dengan semua kalangan baik dalam gereja Katolik maupun masyarakat sekitar.

PASTOR = Gembala; PASTORAL = Bersifat Penggembalaan. Tugas seorang gembala bukan hanya mengajar atau mendidik, tetapi mengayomi, memberi teladan, berkorban untuk kawanan gembalaannya

POLIGAMI berasal dari bahasa Yunani, yakni POLY = beberapa; GAMOS = Nikah. POLIGAMI artinya pernikahan yang dialami/dilakukan oleh seseorang dengan beberapa partner (pasangan lebih dari satu).

MONOGAMI berasal dari bahasa Yunani, yakni MONOS = Satu; GAMOS = Nikah. MONOGAMI artinya Pernikahan yang dilakukan oleh seseorang dengan satu partner saja (“satu lawan satu”). Gereja Katolik menganut paham MONOGAMI (yang dipersatukan Allah, tidak dapat diceraikan oleh manusia, kecuali kematian)

POLITEISME (POLYTHEISM) berasal dari bahasa Yunani, yakni POLY = banyak; THEOS = Allah. POLITEISME artinya ajaran bahwa ada banyak Allah atau percaya akan banyak Allah.

MONOTEISME (MONOTHEISM) berasal dari bahasa Yunani, yakni MONOS = satu; THEOS = Allah. MONOTEISME artinya ajaran bahwa hanya Ada Satu Allah; Aliran Agama dan kepercayaan yang menganut paham MONOTEIS adalah Yahudi, Kristen (Protestan + Katolik), Islam, dan Sikh.

Demikianlah sedikit gambaran khazanah gereja yang berkaitan dengan kehidupan rohani kita dalam banyak hal, terutama dalam relasi dengan sesama, alam dan Sang Pencipta…. “MENARIK BUKAN”, Tunggu edisi selanjutnya..!!