Pertemuan Adven 1, Lingk. Sto. Lukas, Jumat 29 November 2019

Published by aspranoto on

Dalam pertemuan memasuki masa Adven 2019 ini, pertemuan Adven 1, di lingkungan Santo Lukas dilaksanakan di Rumah Kel. Susilo P, Serdang Asri 1, Blok I4/3. Jam 19:30 – 21:00

Ibadat dibawakan oleh Bapak Yohannes. S dan Ibu Astuti, dan permainan dipandu oleh Kakak / Ibu Arin.

Tema “ Keadilan Dirindukan Semua Orang” dan dimulai dari lingkup yang paling kecil yaitu keluarga, membawa umat untuk berinstropeksi baik sebagai ayah, ibu atau anak-anak, sejauh mana keadilan kita pahami dan kita implementasikan, teristimewa dalam keluarga kita.

Ilustrasi dengan aktivitas “ Keindahan Fashion Show Natal” dengan perlakuan yang ada ketidak adilan ( salah satu peserta di tutup matanya pada saat memilih assesories fashion show), menyadarkan kita bahwa ketidak adilan sering kita temui, bahkan kita lakukan walaupun tidak kita sadari.

Bagaimana kita harus bersikap? Hasil perenungan kita, sepakat bahwa setiap ketidak adilan yang menurut ukuran kita masing-masing, “Tidak harus” kita sikapi dengan protes, balas dendam atau patah arang ( mutung dalam bahasa jawa), namun bahwa ketidak adilan tersebut semaksimal mungkin akan kami jadikan suatu semangat agar tetap melakukan yang terbaik dari apa yang telah kita dapatkan, walaupun menurut kita tidak adil. Jadi bukan menjadikan alasan bahwa ketidakadilan yang kita terima akan membuat kita pasti gagal atau putus harapan.

Adil tidak harus berarti mendapatkan semua sama dan rata, tanpa pandang bulu ( usia ataupun kebutuhan), namun adil adalah sikap dan perbuatan bagaimana kita memberikan hak dan memperlakukan orang ( anak-anak, ibu, ayah dan orang lain ), sesuai dengan hak dan kebutuhannya.

Semoga dengan masa adven ( adventus = kedatangan ) minggu 1 ini yang ditandai dengan penyalaan lilin ungu yang berarti “Harapan” kita semua menantikan kedatangan Kristus dengan penuh sukacita dan harapan, atau disebut juga “Lilin Nabi” yang mengingatkan kita bahwa kedatangan Yesus sebagai Sang Mesias sudah diwartakan oleh para nabi terdahulu, kita bisa menyiapkan hati kita masing-masing untuk merayakan Natal 2019 dengan penuh harapan dan niat lebih baik terutama dalam berkeadilan.

Tuhan memberkati selalu, Amin

( Alspran )

Suka cita anak-anak setelah Fashion show.

Keluarga Lingkungan Sto Lukas, setelah ibadat Adven MInggu 1

https://youtu.be/P818BMGA0FM


0 Comments

Leave a Reply