PESTA NAMA LINGKUNGAN SANTO LUKAS – GEREJA SANTA ODILIA PAROKI CITRA RAYA

Mensyukuri 25 tahun Umat Katolik hadir di Serdang Asri Citra Raya, dan 24 tahun berdirinya Lingkungan Santo Lukas Penginjil.

Tangerang – Umat Katolik di lingkungan Santo Lukas paroki Citra Raya, Jumat, 21 Oktober 2022,  mengadakan pesta nama serta pelantikan Pengurus lingkungan periode 2022-2025 di Gedung Serba Guna, yang berlokasi di Serdang Asri 1 Blok B – Citra Raya.

Pesta nama diawali dengan misa syukur pada jam 19:30 yang dipimpin oleh Romo Agustinus Triyanto, SS.CC, dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Bapak Martinus Among Waluyo selaku Ketua lingkungan periode 2022-2025 dan Romo Agustinus Triyanto, SS.CC yang akrab disapa sebagai Romo Tino, acara dilanjutkan dengan makan malam juga diiringi penampilan dari adik-adik BIA (Bina Iman Anak), Ibu-Ibu serta Bapak-bapak lingkungan St. Lukas dalam gerak dan tari yang menarik.

Dalam rangka mensyukuri 25 tahun keberadaan umat Katolik di kawasan Serdang Asri, Citra Raya dan merayakan berdirinya komunitas lingkungan Umat Katolik di bawah Pelindung  Santo Lukas Penginjil yang ke 24, kegiatan ini mengusung tema “Bersyukur, Bertumbuh dan Menjadi Berkat”.

Bersyukur” yang artinya mensyukuri lingkungan St. Lukas boleh hadir di lingkungan Serdang Asri ditengah segala kemajemukan, juga bertumbuh dan berbaur dengan masyarakat setempat hingga saat ini, serta “Bertumbuh” dengan menghasilkan buah dan berkembang menghasilkan lingkungan St. Yohanes, St.Yosep Pekerja dan St.Siprianus dan “Menjadi berkat” bagi semua umat katolik dan sesama, teristimewa melalui Kepengurusan yang baru Periode 2022-2025 sekiranya layak menjadi perantara berkat dan sukacita bagi sesama manusia dan segala ciptaan Allah disekitarnya.

Wujud dari toleransi dan persaudaraan dengan segala kemajemukan tersebut salah satunya dengan adanya kepedulian lingkungan, dimana pihak RT/RW setempat mengijinkan kami umat katolik untuk menggunakan gedung Serba Guna milik warga  untuk merayakan acara pada malam pesta nama tersebut di lingkungan Serdang Asri.

Harapan dari terselenggaranya acara ini, semoga umat Santo Lukas dapat melanjutkan proses  regenerasi dimana terselenggaranya acara tersebut dititik beratkan agar anak-anak muda BIA (Bina Iman Anak), BIR (Bina Iman Remaja), OMK (Orang Muda Katolik) dapat berperan aktif di lingkungan ini.” ungkap Bapak Among Waluyo selaku ketua lingkungan St.Lukas.

Sebagai wujud dan ungkapan terima kasih pada acara tersebut juga disampaikan penghargaan kepada para ketua lingkungan Santo Lukas periode sebelumnya, sejak berdiri pada tahun 1998 hingga saat ini, kepada Alm. Ibu Hartuti, Bp. Berutu, Bp. AY.Suharsono, Bp. L.Suparyanto, Bp. Agustinus Yulianto, Bp. G.Mujiono, Bp. Robert dan Bp. Rendra Ardianto.

Acara yang berlangsung sederhana tetapi meriah tersebut diikuti oleh seluruh umat lingkungan St. Lukas yang saat ini berjumlah 71 Kepala Keluarga, dengan lebih dari 241 jiwa, setelah pelantikan para pengurus St. Lukas periode 2022-2025, Romo Tino menyampaikan pesan dan kesan untuk para pengurus yang baru dilantik pada saat misa.

“Untuk para pengurus tentunya ini adalah kesempatan bagi kita untuk melayani umat. sebagai kelompok basis (utama) di dalam gereja, supaya gereja itu hidup karena tanpa lingkungan gereja tidak bisa hidup, maka pesan saya di lingkungan itu jangan diam-diam saja tetapi tetap aktif, jangan takut kalau ada konflik karena konflik itu adalah kesempatan untuk kita saling mengenal dan menjadi lebih dewasa di dalam beriman, lalu kita juga harus mengikuti semangat Santo Lukas yang adalah Tabib berarti penyembuh. Kalau ada yang terluka atau hilang dari gereja sebaiknya dikunjungi agar supaya dapat kembali ikut terlibat, jangan dikucilkan tetapi ditemukan dan diajak bersama-sama. Ingat! Semakin kompak suatu lingkungan maka semakin banyak orang yang ingin menjatuhkan maka dari itu selalu terus kompak sesuai dengan porsinya masing-masing.” paparnya.

Acara yang diselenggarakan mulai pukul 19.00 hingga 22.30 WIB ini berjalan dengan lancar “Acara ini sesuai harapan dengan apa yang panitia konsepkan dari awal, berjalan dengan baik dan sesuai dengan konsep panitia. Mudah-mudahan setelah adanya acara ini umat Santo Lukas dapat selalu bersyukur dan kita bertumbuh dalam iman dan menjadi berkat bagi sesama.” ucap Bapak John Bon selaku ketua panitia penyelenggara acara pesta nama Santo Lukas 2022.

Diakhir sambutannya Bp. Yohanes Tujiono (Bapak Jion) selaku Wakil Ketua DPH Paroki Santa Odilia, sangat terkesan dengan terbentuknya Kepengurusan baru lingkungan St. Lukas periode 2022-2025 dimana melibatkan banyak umat untuk ambil bagian, baik sebagai pengurus inti maupun seksi-seksinya, hal ini menunjukkan proses regenerasi di lingkungan St. Lukas berjalan dan terrencana dengan baik yang pada akhirnya cita-cita umat untuk tumbuh, berkembang dan berbuah bukan sekedar slogan semata.

Semoga dengan kesatuan, rasa kebersamaan dalam sukacita di pesta nama lingkungan St. Lukas yang ke 24 ini, segenap umat St. Lukas senantiasa terinspirasi dari pelindung lingkungan kita Santo Lukas Penginjil, sebagai umat Allah yang senantiasa bersemangat dalam menyampaikan kabar sukacita dan senantiasa hadir dan menjadi tabib/penyembuh bagi orang-orang yang dalam kondisi sakit, mengalami kesesakan serta perlu pertolongan dan penghiburan.

Berkah dalem.

Penulis: Maria, Intan & Aspranoto. Dokumentasi: Dimas Aji & Agustinus Yulianto.

https://www.flickr.com/photos/196425594@N07/52447374692/in/album-72177720303099350/

.

Leave a Reply

Scroll to Top