Misa Syukur Krisma dan Perayaan Paskah 2023 Lingkungan Santo Lukas

Citra Raya, Jumat 14 April 2023. Puji dan syukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus, berkat Rahmat dan Karunia-Nya, kami warga umat lingkungan Santo Lukas Serdang Asri 1 dan 3, Wilayah Citra 3, akhirnya dapat berkesempatan untuk merayakan Syukuran atas Penerimaan Sakramen Krisma oleh 15 warga lingkungan Santo Lukas, yang telah di urapi dalam penerimaan Sakramen Krisma bersama-sama dengan umat Gereja Santa Odilia lainnya pada tanggal 19 Februari 2023 yang lalu.

Bersamaan dengan Syukuran tersebut kami juga merayakan secara bersama-sama sekalipun dalam bentuk yang sederhana, untuk merayakan Paskah 2023 di lingkungan Santo Lukas dalam bentuk Misa Syukuran Krisma dan Paskah 2023.

Jumat, 14 April 2023, Pukul 19.30 WIB bertempat di kediaman keluarga Bp. Lorensius Suparyanto untuk  Misa Syukur Krisma dan Perayaan Paskah kami selenggarakan.

Misa dipimpin oleh Romo Kornelius Paulus Bala Koten, SS.CC,  dan umat yang hadir dalam perayaan misa Ekaristi tersebut sekitar 90 umat.

Dalam homilinya Romo yang akrab dipanggil Romo Nelis menyampaikan bahwa “Kita memaknai paskah tahun ini sebagai gerbang hidup baru, Hidup itu adalah pilihan tetapi harus memerlukan keputusan dan eksekusi. Orang-orang selalu bertanya apakah ada hidup setelah kematian, padahal kita yang ada dibawah kolong langit ini harusnya bertanya apakah ada hidup sebelum kematian. Itulah keputusan orang,  mau hidup atau tidak.”

Tentu makna yang terkandung dalam pesan tersebut adalah, bahwa kita harus segera menentukan sikap dan keputusan. Tidak hanya sekedar memilih namun hanya bersikap pasif dan tidak menentukan pilihan, jangan menunda-nunda selagi kita bisa dan diberi waktu, beri arti dari setiap langkah hidup kita, dengan meningkatkan bobot iman Katolik yang harus makin berkembang dan berkualitas.

Terdapat 15 warga lingkungan St.Lukas yang telah menerimakan pengurapan Sakramen Krisma tahun 2023 ini, setelah beberapa bulan sebelumnya mempersiapakan diri dengan belajar dan mendalami materi-materi baik dalam hal Kitab Suci, Katekese dan bekal-bekal pelajaran tentang keimanan untuk menjadi umat Katolik yang tangguh dan siap menjadi pembawa kabar sukacita bagi sesama, dalam bentuk prilaku, perkataan dan karya-karya kerohanian.

Sebagai pendamping dalam masa pembekalan tersebut dibimbing oleh Ibu Veronica Sri Sunarti dan Ibu Bernadetha Sri Rejeki Agustini dari Seksi Katekese Lingkungan Santo Lukas.

Setelah misa, diadakan sesi foto bersama, Romo dan peserta para krismawan dan krismawati yang baru mendapatkan penerima Sakramen disertai dengan pendampingnya.

Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bapak Kasmir mewakili perwakilan dari orang tua para krismawan dan krismawati, lalu diakhiri dengan acara ramah tamah dan makan malam bersama.

Semoga dengan pesan-pesan paskah dan proses selama masa retret agung 2023, dapat meningkatkan kadar keimanan kita, sebagai bekal perjalanan peziarahan kita selanjutnya.

Tetap setia dalam perutusan menjadi “imam” dimana berusaha mensucikan diri pribadi dan orang orang disekitarnya, perutusan “kenabian” dimana senantiasa menyampaikan kabar sukacita melalui injil dan firman-firman Tuhan bagi sesama, dan siap menerima perutusan sebagai “raja atau gembala” untuk senantiasa menjadi pemimpin dan pelindung bagi sesama dan alam sekitarnya.

Selamat menjalankan berkat perutusan bagi warga yang telah menerima pengurapan “Sakramen Krisma” dan Selamat Paskah 2023 bagi semua umat Katolik.

Tuhan Memberkati.

 

Penulis : Intan & Maria

 

Leave a Reply

Scroll to Top