Toleransi Beragama

Published by Eric Wagolebo on

( Oleh : Meko Manurung )

Keberagamanan merupakan suatu realitas  sosial yang harus kita terima, karena kita tidak bisa  hidup seorang diri. Sebagai mahluk sosial kita hidup dalam suatu lingkup masyarakat  yang majemuk, baik adat,  suku, bahasa maupun  agama. Untuk menjaga persatuan dan kesatuan antar umat beragama dibutuhkan sikap toleransi. Toleransi berarti sikap untuk menahan diri, emosi, egoisme, serta  menghargai perbedaan dengan orang-orang di sekitar kita. Toleransi antar umat beragama berarti suatu sikap yang menghargai keyakinan  orang yang beragama lain. Hampir semua agama menjunjung tinggi sikap toleransi agar setiap penganutnya hidup damai dalam berdampingan dengan penganut agama lain. Dengan demikian akan tercipta kedamaian  sejati.

Sikap  toleransi yang harus kita tanamkan antara lain:

  1. Menghindari Perpecahan

Toleransi beragama berarti kita belajar untuk tetap menghargai  umat beragama lain, juga termasuk pandangan yang khas di setiap agama. Menerima orang yang  berbeda dengan kita merupakan upaya awal untuk   menjaga  persatuan, kesatuan bangsa.  Perbedaan suku, agama, dan ras mesti dilihat sebagai kekayaan yang dimiliki bangsa ini. Dan ini juga menjadi sebuah kekuatan bangsa ini.  Perbedaan agama dan suku tidak membuat kita  saling meniadakan, justru sebaliknya saling memperkaya.

  1. Mempererat Hubungan

Dengan toleransi beragama rasa persatuan dan kesatuan akan menjadi lebih indah, dan solid dalam hubungan dengan sesama  di negara kita yang multi agama ini.

  1. Menguatkan Iman

Semua agama tentunya mengajarkan kebaikan dan kebenaran dan masyarakat  harus menghargai kenyataan itu. Toleransi Beragama dapat kita wujud nyatakan dengan:

  1. Saling menghormati antar umat beragama dan saling menjaga rasa kebersamaan, kesatuan dan persatuan Indonesia.
  2. Menjaga Ketenangan umat beragama lain yang sedang menjalankan kegiatan ibadah. Maka mari kita saling menjaga, memberi rasa nyaman dan kedamaian.

Pada dasarnya manusia tidak memiliki kebenaran hakiki yang sempurna. Oleh sebab itu toleransi sangat dibutuhkan agar suara hati kita sebagai mahluk Tuhan dapat berfungsi secara baik dan normal sehingga kita makin beriman, makin bersaudara, makin berbelarasa  untuk saling melayani. Marilah kita wujudkan kasih dengan hidup toleransi sehingga kita hidup dalam kedamaian dan ketenangan.


Eric Wagolebo

PAROKI CITRA RAYA CIKUPA - TANGERANG Jalan Citra Raya Utama Timur 15710

0 Comments

Leave a Reply