Penerimaan Komuni Pertama di Gereja Santa Odilia Citra Raya, 11 Juni 2023

PENERIMAAN KOMUNI PERTAMA DI GEREJA SANTA ODILIA CITRA RAYA

Gereja Santa Odilia Citra Raya, Minggu, 11 Juni 2023, secara khusus gereja Katolik memperingati sebagai Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Pada banyak gereja Katolik, termasuk Gereja Santa Odilia Paroki Citra Raya, dilangsungkan penerimaan sakramen komuni pertama.

Kesempatan ini merupakan puncak dari wujud penyatuan diri secara utuh dengan Kristus sendiri dengan menerima Tubuh dan Darah Kristus.

Sebelum dinyatakan layak untuk menerima komuni pertama, calon penerima wajib mengikuti rangkaian kegiatan pendampingan yang sudah dipersiapkan para pendamping. Jumlah pendamping keseluruhan ada 40 orang berasal dari berbagai wilayah di Paroki Citra Raya. Proses pendampingan dimulai sejak bulan Februari 2023 di masing-masing wilayah, dengan materi yang sama untuk seluruh wilayah di paroki Citra Raya.

Tema Komuni Pertama tahun ini adalah “Berkat Komuni Kudus Bagi Jiwa Kita”. Dalam tema ini seluruh pendamping komuni pertama ingin mengajak para peserta untuk menghayati pentingnya Sakramen Ekaristi bagi kehidupan spritual umat kristiani. Melalui komuni kudus, jiwa kita diberkati dengan kasih karunia-Nya, membersihkan dosa-dosa, memperkuat iman dan membawa damai serta sukacita yang melimpah dalam hidup kita.

Misa Komuni Pertama, Minggu 11 Juni 2023, Misa II, pukul 09:00 WIB dipimpin oleh Romo Richardus Matius Bili, SS.CC atau yang biasa kita sebut Romo Richard, di Gereja Santa Odilia. Peserta penerima Komuni Pertama tahun ini berjumlah 225 yang terdiri dari 218 anak-anak dan 7 dewasa.

Misa berjalan dengan lancar, khidmat dan penuh sukacita.

Dalam pembukaan homilinya Romo menyampaikan kisah orang kudus, yaitu Santa Pelindung Para Calon Penerima Komuni Beata Imelda Lambertini, putri tunggal seorang bangsawan militer  Count Egano Lambertini dari keluarga Katolik yang saleh, lahir tahun 1321 di Bologna, Italia. Diusianya yang masih 9 tahun ia begitu rindunya,  untuk dapat diperbolehkan menerima Sakramen Ekaristi, namun kala itu usia yang diperbolehkan adalah minimal 14 tahun, sehingga akhirnya di usia 9 tahun ayahnya mengijinkan untuk masuk biara Dominikan, sebagai seorang calon suster. Dia berharap dengan menjadi suster kiranya dia diperbolehkan menyambut komuni, namun ternyata peraturan di biara juga sama, dimana seseorang boleh menyambut komuni pertama minimal di usia 14 tahun. Imelda menjadi sangat sedih, kerinduannya akan Yesus dalam Komuni kudus hanya dapat ia ungkapkan dalam doa-doanya.

Akhirnya diusia 11 tahun ( tahun 1333), Yesus menjawab doa kerinduan dan kepolosan Imelda kepadaNya, dengan sebuah peristiwa ajaib. Ketika sedang merayakan misa kudus bersama suster-suster lain, tiba-tiba sebuah Hosti Kudus dengan sendirinya keluar dari Tabernakel, terbang sangat perlahan menuju Imelda dan berputar melayang-layang di atas kepalanya, Imam, para suster dan semua orang yang ada di kapel terheran-heran. Menyaksikan  hal ini, imam yang memimpin misa lalu menganggukkan kepala kepada Imelda dan memberinya ijin untuk menerima Komuni Kudus tersebut.

Dengan berlinang airmata sukacita, Imelda menengadahkan wajahnya dan menyambut tubuh Tuhan. Sesaat setelah menerima Komuni Suci itu, Imelda tersenyum, lalu ia menutup matanya untuk selama-lamanya. Yesus yang selama ini dirindukannya telah datang menghantar tubuh-Nya dan sekalian menjemputnya ke Surga.

Pesan terakhir Romo pada semua calon penerima komuni pertama menegaskan bahwa   “Pesta Tubuh dan Darah Kristus ini mengingatkan kita bagaimana kita memberikan atau memperlakukan Tubuh dan Darah Kristus, bagaimana kita bersikap dan memberikan penghormatan. Anak-anak harus ada kursus persiapan komuni pertama, pelajaran itu dipersiapkan supaya anak-anak bisa membedakan antara roti biasa dengan roti yang diterima dalam Sakramen Ekaristi.”

Salah satu peserta, Agatha Gracia Bon menyebutkan bahwa perasaan yang didapat dari proses Komuni Pertama adalah senang, bahagia, deg-degan, dan menjadi tahu tentang Hosti, bersyukur sekali penerimaan Komuni Pertama tahun ini bisa menerima dua rupa Roti dan Anggur. Menurutnya, pengalaman paling berkesan dari penerimaan Komuni Pertama adalah pada saat pembelajarannya karena ada pelajaran yang dulu belum tahu menjadi tahu, bertemu teman baru, dan masih banyak lagi.

Melalui wawancara dengan tim komsos, Pak Agil selaku Ketua Panitia penerimaan Komuni Pertama tahun 2023 berharap, “Saya berharap para peserta yang sudah menyambut komuni kudus benar-benar bisa menghayati apa makna dari sakramen ekaristi ini bagi hidup spritualnya. Dan saya juga berharap bagi para pendamping agar tetap menjadi teladan bagi para peserta komuni pertama dalam hidup rohani”

Setelah misa selesai, para peserta komuni pertama diarahkan menuju ke Gedung Damian untuk menerima Sertifikat Komuni Pertama dilengkapi dengan makan siang bersama.

Selamat bagi semua para peserta Penerima Komuni Pertama tahun 2023 dan Selamat senantiasa merindukan persekutuan Tubuh Kristus dalam Sakramen Ekaristi.

“..Biarkanlah anak-anak itu datang kepada-Ku, dan jangan kamu menghalang-halangi mereka”  ( Lukas 18 : 16 ).

 

Penulis: Tasya dan Intan || Dokumentasi: Franklin Iskandar, Marini Widin, Agustinus Yulianto, Suryo Basurindo, Yustinus Onny Pramono

Minggu pagi yang cerah, 11 Juni 2023, tepat pukul 09.00, Gereja St. Odilia menyelenggarakan perayaan Misa Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Bersamaan dengan hal tersebut, diselenggarakan penerimaan komuni pertama bagi 224 peserta. Jadilah gereja dipenuhi oleh para peserta berbaju dominan putih yang masing – masing didampingi oleh orang tuanya. Selamat kepada para peserta, semoga imannya terus berkembang dan makin dewasa dalam kehidupan menggereja.

Liputan foto FG Komsos (Agustinus Yulianto, Frank Iskandar, Marini Widin) dapat anda akses dengan mengklik tautan di bawah ini. Seluruh foto bebas dipergunakan oleh umat Odilia sebatas untuk kepentingan pribadi dan bukan bisnis. Hak cipta foto ada pada Komsos Paroki Citraraya, 2023.
Jangan lupa untuk menyebarkan berita suka cita ini kepada sesiapa saja agar mereka (lebih) bahagia. Terima kasih, kiranya Tuhan memberkati kita semua.

Album foto bisa dibuka juga dari tautan ini: https://bit.ly/MisaKomPer_110623

 

Leave a Reply

Scroll to Top