MISA DAN PESTA RAKYAT HUT PAROKI SANTA ODILIA CITRA RAYA KE 17

Gereja Santa Odilia – Citra Raya. Minggu, 26 November 2023 menjadi hari spesial bagi seluruh umat Paroki Santa Odilia Citra Raya, karena pada hari tersebut, yang bertepatan dengan Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam, adalah juga merupakan hari jadi atau Hari Ulang Tahun yang ke-17 berdirinya Paroki Santa Odilia Citra Raya di wilayah Tangerang.

Adalah saat yang tidak mudah kita lewatkan, sebab selama 17 tahun sudah peziarahan kita lalui  bersama, kita bersama-sama dengan seluruh umat Paroki Santa Odilia adalah pantas untuk bersukacita mengenang perjuangan bersama dalam melayani, hidup menggereja dalam kesatuan iman katolik, juga dari setiap pergumulan kita bersama dalam merenda mozaik-mozaik cinta yang telah kita wujudkan bersama orang-orang disekitar kita, sekalipun dalam perbedaan budaya, adat-istiadat, latar belakang sosial dan ekonomi bahkan meluas sampai kepada perbedaan keyakinan dan agama dalam semangat Pancasila.

Peringatan ini diawali dengan Perayaan Ekaristi yang bertepatan dengan Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam yang dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB di Gereja Santa Odilia – Citra Raya.

Perayaan Misa Syukur ini dipimpin oleh Romo Felix Supranto, SS.CC didampingi oleh Romo Richardus Matius Bili, SS.CC, Romo Kornelius Bala Koten, SS.CC serta Romo tamu Silverius Andang, SDB dan juga Frater Agustinus Ivan, Pr.

Paroki merayakan HUT Ke-17 dengan tema “Kesatuan dalam Keberagaman”. Bapak Yulius Maran selaku DPH Paroki Bagian Liturgi menjelaskan arti dari tema tersebut, “Tema ini sebenarnya kita perlu sepakati beberapa bulan sebelum HUT Paroki. Tapi awalnya memang seleksinya dari keragaman pastoral, keragaman budaya, keragaman manusianya yang berbeda-beda ini membentuk Dinamika Pastoral. Selain itu, ini sudah dalam lirik lagu Odilia dalam “Mozaik Cinta” Kenapa memilih kata mozaik? Mozaik yaitu sekian banyak ke khas-an yang menjadi satu, yang berbeda tetapi itu merupakan hal yang indah. Nah ini sebenarnya refleksi dari Dinamika Pastoral Paroki Odilia yang terdiri dari 6 wilayah dan ini mempunyai ke khas-annya masing-masing tapi ke khas-an itu tidak bisa kita pisahkan, ini ibaratnya seperti minyak didalam air. Mozaik itu membentuk keindahan ragam Pastoralnya. Nah itulah jawaban mengapa kita memilih tema ini.” jelasnya.

Berhubung dengan tema HUT Paroki ke-17 ini adalah Kesatuan Dalam Keberagaman, Perarakan dalam Misa Syukur diawali oleh tarian khas daerah Nusa Tenggara Timur. Dilanjutkan dengan persembahan yang dihantarkan oleh tarian khas adat Jawa yang diiringi alat musik berupa gamelan. Tidak hanya itu, suasana keagungan semakin mengalun ketika orkestra memainkan himne dan lagu-lagu rohani dengan indahnya, nyanyian koor nan merdu yang diiringi dengan alat musik biola, langgam keroncong dan gamelan disepanjang Misa Syukur dipersembahkan dari tiga daerah yakni, Sumatera Utara, Jawa dan Nusa Tenggara Timur, guna melengkapi suasana keragaman. Tidak lupa juga para peserta paduan suara memakai pakaian adat sesuai dengan asal daerahnya. Kemudian, Misa Syukur ini diakhiri dengan tarian khas adat Batak yang berasal dari daerah Sumatera Utara.

Namun, tidak hanya itu saja yang membuat acara ini begitu mengesankan. Selepas mengucap syukur dalam Perayaan Ekaristi atas HUT Paroki ke-17 para penari adat Batak menghantarkan para Romo dan Frater ke dalam acara Pesta Rakyat yang diselenggarakan di halaman gereja. Pesta Rakyat diselenggarakan untuk memeriahkan sukacita perayaan HUT Paroki ke-17. Terdapat berbagai kegiatan yang diselenggarakan pada Pesta Rakyat yaitu pertama, penampilan berbagai tarian daerah persembahan dari 6 wilayah ( Balaraja, Solear, Tigaraksa, Citra 1, Citra 2, Citra 3). Kemudian, pengumuman pemenang Lomba (Lektor, Bola Volli dan Paduan Suara). Tidak lupa juga, sambil menyaksikan berbagai tarian dari beberapa wilayah, umat dapat mengelilingi sekitar halaman gereja, terdapat berbagai macam makanan yang sangat menarik dan tentunya lezat tersedia, karena disajikan dari berbagai lingkungan dari 6 wilayah di Paroki St. Odilia dengan penuh sukacita.

Perayaan dalam sukacita ini membuktikan bahwa Gereja Santa Odilia Paroki Citra Raya bukan hanya sekedar tempat ibadah, tetapi juga sebuah wadah yang mampu menyatukan berbagai lapisan masyarakat dan budaya. kebersamaan yang tercipta dalam Misa Perayaan ke-17 ini semakin memperkuat tali persaudaraan antara anggota jemaat dan masyarakat disekitarnya,  ditandai dengan acara Pesta Rakyat yang dipenuhi dengan ribuan umat Gereja Santa Odilia Paroki Citra Raya. Maka dari itu Romo Nellis (panggilan akrab untuk Romo Kornelius Bala Koten, SS.CC), berharap dengan adanya perayaan ini dapat membangkitkan semangat persatuan “Karna kita melihat euforia umat luar biasa tahun ini, kita mengharapkan kedepannya kegiatan-kegiatan menggereja, kegiatan sosial melibatkan bukan hanya umat Katolik saja, tetapi melibatkan saudara-saudara kita dari agama dan keyakinan yang lain untuk kegiatan bersama-sama karena itu juga merupakan ke khas-an dari Paroki kita disini.” paparnya.

Kami dari tim Komsos mengucapkan Selamat Merayakan HUT ke-17, untuk Paroki Gereja Santa Odilia Citra Raya. Semoga diusia yang semakin matang, seluruh umat paroki semakin aktif terlibat dalam karya-karya pelayanan dalam semangat Kebhinekaan.

“Tetap setia dalam semangat membangun Mozaik Cinta”

Lahir di dalam keberagaman,
sebuah anug’rah hidup menggereja
Dalam Rumah Indonesia, kita bergandeng mesra,
wujudkan Pancasila yang nyata.

Tanamkan di dalam dada, mencinta sesama,
Semboyan kita Odilia untuk semua,
lupakan s’gala perbedaan, kobarkan Cinta Tuhan,
tujuh belas tahun bangun mozaik cinta.

Santa Odilia teladan kami,
hatimu lembut penuh pengampunan.
Ajar kami tetap teguh bersatu dalam iman,
layani sesama yang membutuhkan.

Tanamkan di dalam dada, mencinta sesama,
Semboyan kita  Odilia untuk semua,
lupakan s’gala perbedaan, kobarkan Cinta Tuhan,
tujuh belas tahun bangun mozaik cinta.

Mari meraih Mahkota kemulyaan.
( “Odilia untuk Mozaik Cinta”  Theme Song 17 tahun Gereja St.Odilia. Lirik : Romo Richardus Matius Bili SS.CC |  Lagu : Yulius Maran dan Leonardus Yoseph)

Santa Odilia, doakanlah kami.

Tuhan Yesus Memberkati

.

𝘙𝘢𝘯𝘨𝘬𝘶𝘮𝘢𝘯 𝘭𝘦𝘯𝘴𝘢 𝘬𝘢𝘮𝘦𝘳𝘢 𝘒𝘰𝘮𝘴𝘰𝘴 𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘈𝘯𝘥𝘢 𝘴𝘢𝘬𝘴𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘬𝘭𝘪𝘬 𝘵𝘢𝘶𝘵𝘢𝘯 𝘥𝘪 𝘣𝘢𝘸𝘢𝘩 𝘪𝘯𝘪.

https://bit.ly/HUTParoki-17_261123

Penulis : Tasya, Intan, Aspranoto | Pewarta Foto : Adrian Yuliarto, Agustinus Yulianto, Benedicto Amadius Herlambang, Edhuardos Panji, Marini Widin, Reynaldi Pratama, Stefanus Rio Ridwan, Suryo Basuindro,  dan Yustinus Onny. | Tim Penyunting Foto : Gabriel Arya, Stefanus Rio Ridwan, dan Suryo Basuindro.

𝘚𝘦𝘭𝘶𝘳𝘶𝘩 𝘧𝘰𝘵𝘰 𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘥𝘪𝘱𝘦𝘳𝘨𝘶𝘯𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘴𝘦𝘮𝘶𝘢 𝘶𝘮𝘢𝘵 𝘚𝘵. 𝘖𝘥𝘪𝘭𝘪𝘢 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘬𝘦𝘱𝘦𝘯𝘵𝘪𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘱𝘳𝘪𝘣𝘢𝘥𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘪𝘴𝘯𝘪𝘴. 𝘏𝘢𝘬 𝘤𝘪𝘱𝘵𝘢 𝘧𝘰𝘵𝘰 𝘮𝘦𝘭𝘦𝘬𝘢𝘵 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘒𝘰𝘮𝘴𝘰𝘴 𝘗𝘢𝘳𝘰𝘬𝘪 𝘊𝘪𝘵𝘳𝘢 𝘙𝘢𝘺𝘢, 2023. 𝘉𝘢𝘨𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘢𝘣𝘢𝘳 𝘴𝘶𝘬𝘢𝘤𝘪𝘵𝘢 𝘪𝘯𝘪 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘴𝘦𝘭𝘶𝘳𝘶𝘩 𝘥𝘶𝘯𝘪𝘢 𝘢𝘨𝘢𝘳 𝘶𝘮𝘢𝘵 𝘮𝘢𝘯𝘶𝘴𝘪𝘢 𝘴𝘦𝘮𝘢𝘬𝘪𝘯 𝘣𝘢𝘩𝘢𝘨𝘪𝘢. 𝘛𝘦𝘳𝘪𝘮𝘢 𝘬𝘢𝘴𝘪𝘩 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘪𝘳𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘛𝘶𝘩𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘪 𝘬𝘪𝘵𝘢 𝘴𝘦𝘮𝘶𝘢.

 

 

Leave a Reply

Scroll to Top