Sosialisasi BKSN 2022 di Gereja St Odilia Citra Raya

Seksi Kerasulan Kitab Suci Gereja St. Odilia Citra Raya melaksanakan kegiatan sosialisasi bahan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) tahun 2022 secara offline, Minggu (14/08/2022).

Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) tahun 2022 mengangkat tema “Allah Sumber Harapan Hidup Baru”. Tema ini akan didalami dalam empat kali pertemuan. Adapun subtema yang akan didalami dalam keempat pertemuan yakni: (1) Allah Sumber Harapan untuk Menangkis Mentalitas Keagamaan Palsu, (2) Allah Sumber Harapan untuk Melawan Ketidakadilan, (3) Allah Sumber Harapan karena Kasih Setia-Nya, (4) Allah Sumber Harapan karena Kerahiman-Nya.

“Lembaga Biblika Indonesia (LBI) menyadari bahwa kitab nabi-nabi di Perjanjian Lama masih asing untuk warga katolik. Sesuai hasil Pertemuan Nasional LBI 2021, salah satu rekomendasi yang dihasilkan adalah dalam empat tahun ke depan, materi BKSN akan diangkat dari kitab-kitab 12 Nabi Kecil. LBI menyadari pula bahwa kekhawatiran warga katolik masih berjalan, seperti kekhawatiran akan pandemi, perang Rusia-Ukraina dsb. Disisi lain, Alkitab juga masih menjadi teman asing bagi warga katolik, saya berharap dengan adanya BKSN dapat membuat warga katolik bisa berkomitmen untuk mengenal Kitab Suci lebih dalam”. Demikian penjelasan Bapak Andreas selaku ketua seksi Kerasulan Kitab Suci Gereja Santa Odilia Paroki Citra Raya mengenai latar belakang pemilihan tema oleh Lembaga Biblika Indonesia (LBI).

Telah disebutkan bahwa pandemi mengubah segalanya. Semua orang berusaha beradaptasi dengan situasi ini dan berusaha mempertahankan kehidupan dengan sekuat tenaga, sembari berharap semoga pandemi cepat berlalu. Salah satu yang muncul dari proses adaptasi ini adalah solidaritas sesama manusia. Di sana-sini, kita temukan orang yang saling berbagi agar sesamanya tidak merasa sendirian atau merasa ditinggalkan. Solidaritas ini menjadi antitesis dari perlakuan yang dianggap kurang bermartabat terhadap orang yang terdampak Covid-19. Pandemi yang sudah mulai mereda memberikan harapan akan hidup baru. Harapan ini bukan hanya sekadar menjalani kehidupan dengan protokol new normal, melainkan harapan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas hidup, relasi sosial, dan relasi dengan Allah. Peningkatan kualitas hidup yang dimaksud berkaitan erat dengan meningkatnya pendapatan yang berpengaruh pada terjaminnya kebutuhan untuk hidup yang lebih baik. Allah selalu memberikan harapan akan hidup baru.

“Tema BKSN tahun ini adalah Allah Sumber Harapan Hidup Baru. Tema ini berangkat dari situasi pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia. Tema BKSN tahun lalu masih mencermati mengenai pandemi covid-19 yang menimbulkan krisis iman dan dengan kegiatan Gereja yang dilakukan secara online, membuat umat merasa kegiatan yang dilakukan secara offline tidak menarik lagi. Karena di tahun 2022 ini kita sudah diberi kelonggaran untuk melakukan pertemuan secara offline, dengan ini kami berharap krisis iman bisa diatasi” jelas Bapak Filemon selaku Ketua Dekanat Forum Komunikasi Kerasulan Kitab Suci.

Sekitar 95 orang fasilitator lingkungan serta beberapa Suster hadir dalam acara sosialisasi materi Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) di Aula Damian lt. 3 Gereja St. Odilia Citra Raya. Para peserta mengucapan terima kasih atas penjelasan tentang materi BKSN 2022 yang telah dipaparkan pada hari ini.

“Saya berterima kasih sekali, karena sudah dipaparkan banyak materi BKSN oleh Bapak Filemon selaku ketua Dekanat Forum Komunikasi Kerasulan Kitab Suci. Materi yang telah diberikan ini betul-betul menjadi inspirasi saya sebagai fasilitator, agar bisa memberikan apa itu perpanjangan niatan dari narasumber, agar betul-betul bisa menggugah iman umat di lingkungan kami” papar Bapak Agustinus Prayitno selaku peserta yang hadir dalam sosialisasi BKSN pada hari ini.

Tema BKSN tahun ini diharapkan untuk memampukan umat yang mengalami krisis iman agar tidak kehilangan harapan dan kembali berharap kepada Allah sebagai Sumber Harapan Hidup Baru.

Mari Bapak, Ibu, dan Saudara/i Orang Muda Katolik, kita ramaikan dan resapi pesan yang akan disampaikan melalui pertemuan BKSN tiap minggunya yang akan diadakan pada bulan September di setiap lingkungan. Mari kita menjadi sahabat seperjalanan satu sama lain untuk saling menguatkan dalam pengharapan.

Berikut liputan foto FG Komsos Ricardus Nong Ari.

Bisa juga dibuka dari link ini: bit.ly/SosialisasiBKSN22

Seluruh foto bebas digunakan umat Odilia selama untuk kepentingan pribadi dan bukan komersial.

Leave a Reply

Scroll to Top