Perayaan Hari Minggu Misi bersama BIR Santa Odilia Citra Raya

Citra Raya – Tangerang. Hari Minggu Misi Sedunia adalah sebuah hari yang dikhususkan untuk mendoakan, menganimasi, mengedukasi dan mewartakan karya misi Gereja yang dirayakan secara bersama-sama oleh Gereja Katolik sedunia. Perayaan hari Minggu Misi sedunia dirayakan setiap hari Minggu kedua terakhir di bulan Oktober, yang pada tahun ini jatuh pada hari Minggu tanggal 23 Oktober 2022.

Tema Minggu Misi Sedunia tahun 2022 adalah “Kamu akan menjadi saksi-saksi-Ku” (Kis.1:8). Paus Fransiskus mengajak kita untuk menjadi saksi Kristus dengan mengingatkan bahwa “Setiap orang yang telah dibaptis dipanggil pada misi”. Kita diajak bersama-sama membangun Gereja yang misioner, bergerak keluar untuk memberikan kesaksian cinta kasih Allah kepada seluruh umat manusia. Inilah misi yang dipercayakan kepada Gereja.

Dengan mengusung tema “God’s Path to Serve” seksi Panggilan Paroki Gereja Santa Odilia melakukan kegiatan pendampingan dan pembinaan Bina Iman Remaja. Acara ini diawali dengan Misa Kudus dipimpin oleh Romo Lambertus Enga Hurin, SS.CC. Setelah mengikuti Misa Kudus bersama seluruh umat, Bina Iman Remaja Santa Odilia berkumpul di aula TK Tarakanita, Citra Raya. Acara tersebut berlangsung dari jam 11.00-14.00. Merayakan minggu misi dan memperkenalkan hidup membiara Semangat dan sukacita mereka membuat aula terasa hidup dan meriah.

Dalam kata-kata Rasul Paulus yang menyentuh hati, “Kami senantiasa membawa kematian Yesus didalam tubuh kami, supaya hidup Yesus juga menjadi nyata didalam tubuh kami” (2 Kor. 4:10). Inti dari misi ini adalah untuk bersaksi tentang Kristus, yaitu hidup, sengsara, kematian, dan kebangkitan-Nya demi cinta kepada Bapa dan umat manusia. Para misionaris Kristus tidak diutus untuk mengomunikasikan diri mereka sendiri, untuk menunjukan kualitas dan kemampuan persuasive mereka atau keterampilan manajerial mereka. Sebaliknya, bagi mereka adalah kehormatan tertinggi untuk menghadirkan Kristus dalam kata-kata dan perbuatan.

“Jadi memang acara minggu misi ini diselenggarakan untuk anak-anak BIR (Bina Iman Remaja) tujuannya untuk memperkenalkan seperti apa hidup membiara. Nah, dengan adanya hal ini saya berharap semoga banyak anak muda atau remaja yang terpanggil menjadi romo maupun suster, berkaitan dengan tema minggu misi tahun ini semoga anak-anak BIR ini dapat menjadi saksi Kristus.” Ucap Febri, salah satu panitia pendamping BIR penyelenggara acara tersebut. Sesungguhnya, kita semua di dalam Gereja telah menjadi diri kita karena rahmat pembaptisan: para nabi, saksi, misionaris Tuhan, oleh kuasa Roh Kudus, sampai ke ujung bumi! Maria, Ratu Misi, doakanlah kami!

 

Penulis: Tasya & Intan | Dokumentasi: Agustinus Yulianto, Franklin Iskandar, Joe Pranoto, Quin

Berikut liputannya.

https://photos.app.goo.gl/AUn9gC2jnk55b1Ho9

Album foto ini juga bisa dibuka dari tautan ini: https://bit.ly/MingguMisi_231022

Leave a Reply

Scroll to Top