Kunjungan Kardinal Ignatius Suharyo ke Paroki Citra Raya, 17 Mei 2023

Citra Raya – Tangerang.  Rabu, 17 Mei 2023.  Mgr. Kardinal Ignatius Suharyo mengunjungi Gereja Santa Odilia, Paroki Citra Raya, bersama dengan komunitas Focollare dari berbagai negara yaitu Palestina, Jerman, Italia, Brazilia, Filipina dan Spanyol yang diketuai oleh Mrs. Margaret Karram.

Kedatangan tersebut langsung disambut hangat oleh Romo Felix Supranto, SS.CC, Romo Richardus Matius Bili, SS.CC, Romo Kornelius Bala Koten, SS.CC, Frater Titus dan juga AKBP Indra Mardiana, SH, S.I.K, M.Si. (Wakapolresta), Letnan Kolonel Arh. Syarief Syah Bandjar, SH, M.I.P. (Komandan Kodim 0510 /Tigaraksa), Bapak Kiai Haji Maski (Ketua FKUB Kabupaten Tangerang), Bapak Haji Supriyadi (Kementerian Agama Kabupaten Tangerang), Bapak Ardiansyah (Ketua GP Ansor Cabang Kab. Tangerang), Bapak Eman (Ketua GP Ansor  Kec. Panongan)  Bapak Haji Anwar Munawar (Ketua MUI), Bapak Ustad Maman (Ketua Forum DKM Citra Raya), Bapak Kiai Ustad Arsim (Ketua DMI Panongan), Bapak Kapten Inf Agus Salim Siregar (Danramil 14 / Panongan), Bapak Iptu Hotma Patuan Anggi Manurung (Kapolsek Panongan), Drs. H. Heru Ultari (Camat Panongan), Bapak Francisco (Management Citra Raya), Ustad Abu Asirin (Ustad Telunjuk  Petir), Pendeta Jimmy Song (Gereja Kristen Protestan Indonesia), Ibu Fanny (Management Ciputra Hospital), Ibu-Ibu Wanita Katolik (WKRI) serta para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Tangerang.

Acara diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua MUI Kecamatan Panongan yakni Bapak Haji Anwar Munawar,  lalu dilanjut dengan menyanyikan lagu Kemerdekaan Indonesia Raya.

Bapak Kardinal mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka Kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama dengan tema Silahturahmi Kebangsaan, Kita Bhinneka, Kita Indonesia.

Beliau mengatakan bahwa ia dihubungi oleh temannya yang menetap di luar negeri dan mereka bertanya tentang situasi Indonesia dalam hal kerukunan hidup beragama, beliau lalu mengatakan “Daripada saya yang bercerita silahkan menemui Romo Felix Supranto, SS.CC pasti akan diajak bertemu dengan teman-temannya”.  Kami bersyukur karena kehadiran Romo Felix Supranto, SS.CC mewakili gereja di wilayah ini sehingga dapat menjadi berkat bagi masyarakat yang lebih luas.

Romo Felix Supranto, SS.CC selaku tuan rumah dari Gereja Santa Odilia memberikan kata sambutan, “Kegiatan Silahturahmi Kebangsaan ini juga dalam rangka, rangkaian ulang tahun Kecamatan Panongan ke-24. Karya-karya kebersamaan dan kerukunan di Kecamatan Panongan,  kita kembangkan dalam Dialog Karya yang dilakukan secara sinergitas dan soliditas antara TNI, Polri dan juga Pemerintah, para tokoh agama, organisasi masyarakat seperti GP Ansor, Pemuda Pancasila, WKRI. Ada 12 rumah di Kabupaten Tangerang yang terbilang kurang mampu. Dari keprihatinan itu lahirlah kepedulian yang membangkitkan semangat gotong-royong, hal inilah yang mengikat persaudaraan.”

Beliau juga menjelaskan bahwa Desa Ciakar, Kecamatan Panongan merupakan salah satu desa percontohan moderasi agama dari seribu desa di Indonesia. Yang nantinya akan dilakukan di Gereja Santa Odilia tgl 15 Juni 2023 mendatang yang merupakan acara besar dari Kementerian Agama.

Sementara itu, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke berbagai tempat di Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang.

Diawali dengan kunjungan ke Madrasah Al-Bisriyyin di Desa Ranca Iyuh, Kecamatan Panongan, yang letaknya tidak jauh dari Gereja Santa Odilia, Citra Raya.

Kardinal Ignatius Suharyo beserta rombongan disambut sangat meriah oleh para guru Madrasah Al-Bisriyin dan para siswa-siswi yang ada di sana. Kunjungan ini disambut oleh Kepala sekolah SD Islam Al-Bisriyyin yakni Bapak Suprawinata, ST. Kepala Madrasah Mts. Al-Bisriyyin yakni Bapak Galih Alamsyah, S.Ip. dan juga para dewan guru.

Kemudian setelah itu, acara dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke kelompok ketahanan pangan Yudistira yaitu dengan melihat hasil gotong royong pembangunan rumah layak huni, peresmian sarana air bersih, peresmian  ternak kambing, kunjungan  ke pertanian (panen cabai), kunjungan ke tempat budidaya ikan, dilanjut dengan kegiatan makan siang bersama di saung sawah para petani (para petani yang memasak). Lalu diakhiri dengan melakukan kunjungan ke Pesantren Daarul Fallahiyah Assalafiyah, Cisoka.

Mrs. Margaret Karram pun selaku President dalam komunitas Focollare mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengalaman persaudaraan dan solidaritas yang mendalam yang baru saja dibagikan, “Hal ini merupakan sebuah proses yang sebagai contoh bukan hanya untuk Indonesia tetapi juga untuk seluruh dunia. Komitmen komunitas ini yang memandang sesama dengan mata yang baru dimana saya menjabat sebagai Presiden. Gerakan ini yang bekerja untuk membawa persaudaraan di seluruh dunia. Ini adalah sebuah sesuatu yang baru, Focollare sebuah kata yang berarti rumah, suasana kekeluargaan karena orang-orang merasakan kehangatan. Focollare terus menyebarkan semangat persaudaraan ke seluruh dunia itulah sebabnya gerakan focollare juga hadir di Indonesia.”  ( diterjemahkan dari Bahasa Inggris.)

Album foto bisa dibuka dengan link ini: https://bit.ly/KardinalFocolare_170523

.

.

Penulis: Intan & Tasya | Dokumentasi: Franklin Iskandar, Marini Widin & Edhuardos Panji Purnomo.

Leave a Reply

Scroll to Top